UAP DAN DISDUKCAPIL PRINGSEWU GELAR BIMTEK SEWUATI

PRINGSEWU (UAP) – Setelah dilakukan persamaan persepsi terkait aplikasi SEWUATI (Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Informatif) / aplikasi online Sistem Informasi Dokumen Kependudukan antara Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Pringsewu seminggu yang lalu, tepatnya Kamis 15 Oktober 2020, kali ini Universitas Aisyah Pringsewu dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Pringsewu menggelar bimtek terkait aplikasi SEWUATI (Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Informatif) bertempat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Pringsewu, Kamis, (22/10).

Kegiatan bimtek aplikasi SEWUATI (Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Informatif) yang bertempat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Pringsewu selaku narasumber dari Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu yaitu Zulkifli, S.T., M.Kom., (Dekan Fakultas Teknologi dan Informatika), Nur Aminudin, M.T.I., (Kaprodi Teknik Informatika), Dwi Feriyanto, S.T., M.Pd., (Kaprodi Teknik Elektronika) dan Tim Inovasi Universitas Aisyah Pringsewu.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Dukcapil (Nazri, S.H), Sekretaris Dukcapil (Sudarsih, S.E.), Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk (Sofyan Harnadi, S.Kep.), Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil (Nortiana, S.), Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data (Ahmad Khoidir, S.E.) serta para seksi, Dekan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu (Zulkifli, S.T., M.Kom.), Kaprodi Teknik Informatika Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu (Nur Aminudin, M.T.I), Kaprodi Teknik Elektronika Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu (Dwi Feriyanto, S.T., M.Pd.,), serta TIM Inovasi Universitas Aisyah Pringsewu.

Kegiatan bimtek aplikasi SEWUATI (Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Informatif) dibuka oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Pringsewu (Nazri, S.H).

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Pringsewu (Sudarsih, S.E.) mengatakan, kegiatan bimbingan teknis aplikasi SEWUATI (Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Informatif) dilingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Pringsewu ini untuk memahami carakerja aplikasi SEWUATI dan memberikan peningkatan kapasitas kerja daripada petugas yang akan terlibat dalam aplikasi tersebut, sebelum dilaksanakan di sembilan Kecamatan yang ada di Wilayah Kabupaten Pringsewu.

Beliau juga menegaskan, bahwa aplikasi SEWUATI (Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Informatif) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Pringsewu merupakan hasil kolaborasi dengan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu, dan aplikasi SEWUATI (Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Informatif) akan segera kami launching untuk dimanfaatkan masyarakat yang ada di Kabupaten Pringsewu.

Aplikasi SEWUATI (Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Informatif) merupakan terobosan baru dan menjadi salah satu pelayanan penting yang selalu dibutuhkan masyarakat termasuk pada masa pendemi seperti ini. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu terus mengupayakan pelayanan prima dengan berbagai inovasi yang mendukung optimalnya pelayanan.

Sementara Dekan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu (Zulkifli, S.T., M.Kom.) mengatakan, aplikasi SEWUATI (Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Informatif) yang kami bangun ini, semoga membawa kemanfaat bagi umat, khususnya bagi Kabupaten Pringsewu.

Nilai akuntabilitas pelayanan yang diberikan dapat memberikan kepercayaan kepada masyarakat tentang pelayanan yang diberikan. Pertanggungjawaban terhadap aspek yang dilayani adalah bagian dari pemenuhan terhadap pelayanan publik untuk memberikan kepercayaan kepada masyarakat, sebab kepercayaan masyarakat merupakan dasar untuk mewujudkan tercapainya pemerintahan yang baik.

Bagian lain, Rektor Universitas Aisyah Pringsewu (Hardono, S.Kep., M.Kep., Ners.) mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh dosen Fakultas Teknologi dan Informatika serta TIM Inovasi Universitas Aisyah Pringsewu, keterlibatan aplikasi SEWUATI (Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Informatif) dalam pelayanan publik bidang administrasi kependudukan di Kabupaten Pringsewu menghadirkan pelayanan yang cepat dan mudah diakses dimanapun dan kapanpun.

Aplikasi SEWUATI sebagai wujud inovasi pelayanan publik tentu mampu memberikan manfaat kepada masyarakat sebagai penerima layanan. Adanya aplikasi SEWUATI masyarakat Kabaputen Pringsewu akan mendapatkan kemudahan karena mereka tidak perlu mendatangi langsung kantor Disdukcapil Kabupaten Pringsewu. Di samping itu, dengan adanya aplikasi SEWUATI dapat menghemat waktu dan biaya karena masyarakat Kabupaten Pringsewu tidak perlu datang dan mengantre di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Pringsewu.(*na)


BERITA TERKAIT :
UAP SIAP WUJUDKAN APLIKASI ONLINE SISTEM INFORMASI DOKUMEN KEPENDUDUKAN
UAP DAN DUKCAPIL GELAR RAPAT PERSAMAAN PERSEPSI SEWUATI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *