UAP DAN DUKCAPIL GELAR RAPAT PERSAMAAN PERSEPSI SEWUATI

PRINGSEWU (UAP) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Pringsewu dan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu menggelar rapat persamaan persepsi terkait SEWUATI (Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Informatif) / aplikasi online Sistem Informasi Dokumen Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Pringsewu, Kamis, (15/10).

Persamaan persepsi terkait SEWUATI (Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Informatif) / aplikasi online Sistem Informasi Dokumen Kependudukan merupakan hal yang penting dilakukan, yakni untuk menyelaraskan makna dan penafsiran masing-masing terkait layanan informasi publik yang menjadi satu kesatuan. Diharapkan pula melalui pertemuan ini dapat diperoleh persamaan persepsi dengan baik dan lancar.

Hadir dalam rapat dimaksud, Asisten 1 Bidang Pemerintahan Kabupaten Pringsewu (Andi Wijaya, S.T., M.M), Kepala Dinas Dukcapil (Nazri, S.H), Sekretaris Dukcapil (Sudarsih, S.E.), Kabid Urusan Program dan IT Disdukcapil Provinsi Lampung (Romi Hendry), Dekan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu (Zulkifli, S.T., M.Kom.), Kaprodi Teknik Informatika Fakultas Teknlogi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu (Nur Aminudin, M.T.I), Tahta Herdian Andika, M.T.I., Fahlul Rizki, M.T.I.

Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) menjadi salah satu pelayanan penting yang selalu dibutuhkan masyarakat termasuk pada masa pendemi seperti ini. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu terus mengupayakan pelayanan prima dengan berbagai inovasi yang mendukung optimalnya pelayanan Adminduk sesuai prosedur pencegahan Covid-19.

Lewat kolaborasi Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Pringsewu yang memiliki otoritas terhadap data kependudukan Kabupaten Pringsewu, mempercayakan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu untuk membangun SEWUATI (Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Informatif) / aplikasi online Sistem Informasi Dokumen Kependudukan.

Dinas kependudukan dan catatan sipil atau Dukcapil merupakan Administrasi Kependudukan, yang salah satu fungsinya sebagai Pelaksana Pelayanan Umum di Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Dukcapil tergolong ramai yang menyebabkan banyaknya antrian pada kantor, dengan SEWUATI (Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Informatif) / aplikasi online Sistem Informasi Dokumen Kependudukan hasil kolaborasi Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Pringsewu untuk memberikan solusi yang berguna mengurangi antrian pada kantor serta keefektifan waktu bagi staf serta masyarakat.

Dalam persamaan persepsi terkait SEWUATI (Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Informatif) / aplikasi online Sistem Informasi Dokumen Kependudukan, Asisten 1 Bidang Pemerintahan Kabupaten Pringsewu (Andi Wijaya, S.T., M.M) mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu.

Beliau mengatakan, sinergikan aplikasi yang ada, output pelayanan terselenggara dengan baik, untuk pengembangan nanti harapannya ada tracking system.

Kepala Dinas Dukcapil (Nazri, S.H) mengatakan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pringsewu membuat terobosan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Disdukcapil Kabupaten Pringsewu menghadirkan SEWUATI (Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Informatif) / aplikasi online Sistem Informasi Dokumen Kependudukan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat. sehingga warga tidak perlu lagi repot-repot datang ke Kantor Disdukcapil untuk mengurus adminsitrasi kependudukannya.

Beliau menegaskan, SEWUATI (Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Informatif) ini tujuannya adalah agar masyarakat bisa mendaftar dan mengajukan permohonan dokumen kependudukan sendiri dari mana pun yang bersangkutan berada tanpa harus datang ke dinas kependudukan. Cukup melalui aplikasi ini.

Sementara Kabid Urusan Program dan IT Disdukcapil Provinsi Lampung (Romi Hendry) menegaskan, bahwa kolaborasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Pringsewu dan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu terkait SEWUATI (Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Informatif) / aplikasi online Sistem Informasi Dokumen Kependudukan merupakan pelengkap aplikasi Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, tegasnya.

Dalam pemaparannya, Dekan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu (Zulkifli, S.T., M.Kom) mengatakan, dengan SEWUATI (Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Informatif) / aplikasi online Sistem Informasi Dokumen Kependudukan ini nantinya verifikasi data kini tidak lagi dilakukan secara manual dan memakan waktu lama dengan cara bertatap muka, pengisian formulir identitas, kartu keluarga, mutasi penduduk, perceraian, perkawinan, KIA, kelahiran, kematian, hingga penyimpanan data dalam bentuk digital.

Beliau menjelaskan, bagi masyarakat Kabupaten Pringsewu yang ingin mengajukan layanan kependudukan melalui SEWUATI (Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Informatif) / aplikasi online Sistem Informasi Dokumen Kependudukan, dipersilahkan login. Nantinya masyarakat bisa mengikuti langkah-langkah yang tertera untuk memenuhi syarat dan ketentuan. (*na)

BERITA TERKAIT : UAP SIAP WUJUDKAN APLIKASI ONLINE SISTEM INFORMASI DOKUMEN KEPENDUDUKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *