UAP DAN DINAS KESEHATAN PRINGSEWU GELAR BIMTEK APLIKASI PEMETAAN PENYEBARAN PENYAKIT PASIEN KABUPATEN PRINGSEWU

THUB_Dinkes
Berita Kampus Event

UAP DAN DINAS KESEHATAN PRINGSEWU GELAR BIMTEK APLIKASI PEMETAAN PENYEBARAN PENYAKIT PASIEN KABUPATEN PRINGSEWU

PRINGSEWU (UAP) – Dalam rangka memperkenalkan penggunaan “aplikasi pemetaan penyebaran penyakit pasien Kabupaten Pringsewu” yang dikembangkan oleh Universitas Aisyah Prinsewu bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu, pada hari Selasa (2/2) diselenggarakan Bimtek aplikasi oleh Tim Inovasi Universitas Aisyah Pringsewu secara langsung di Ruang Rapat Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu.

Bimtek dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu dr. Ulinoha, yang dihadiri Sekretaris Dinas Kesehatan Imanda Amin Abri, SKM., M.M beserta jajarannya, TIM Inovasi Universitas Aisyah Pringsewu yang terdiri dari Dosen Fakultas Teknologi dan Informatika (Zulkifli, S.T., M.Kom., Nur Aminudin, M.T.I, Tahta Herdian A, M.T.I, Agustinus Eko S, M.Kom, Fahlul Rizki, M.T.I, Ferly Ardhy, M.T.I, Dwi Feriyanto, S.T., M.Pd., Ancolo, S.T., M.Pd.T, Fitra Endi Fernanda, M.Pd), Dosen Fakultas Kesehatan (Ani Kristianingsih, S.ST., M.Kes., Tri Adi Nugroho, S.Kom, MPH, Nopi Anggista Putri, S.ST., M.Keb), Fakulstas Sosial dan Bisnis (Yenny Marthalena, M.M), Mahasiswa Teknik Informatika (Fahri Ma’arif, Abdullah Umar Faqih Al Ikhsani).

Aplikasi “pemetaan penyebaran penyakit pasien Kabupaten Pringsewu” yang dapat diakses melalui smartphone ini digunakan untuk memudahkan pemantauan oleh petugas puskesmas terhadap penyebaran penyakit pasien Kabupaten Pringsewu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu dr. Ulinoha mengatakan, melalui bimbingan teknis aplikasi pemetaan penyebaran penyakit pasien Kabupaten Pringsewu dimaksudkan agar mempunyai arah yang jelas, tujuannya untuk mempermudah cara penginputan, mengintegrasi data lapangan dengan data-data atribut yang melengkapi informasi.

Pemetaan sebagai suatu sistem berbasis komputer yang mengintegrasi data lapangan dengan data-data atribut yang melengkapi informasi, dari data lapangan dapat memberikan kemudahan kepada pihak untuk mencari, menemukan letak rumah pasien dan informasinya secara cepat dan tepat.

Kegiatan Bimtek aplikasi tersebut dipandu oleh Zulkifli, S.T., M.Kom selaku Ketua TIM Inovasi Universitas Aisyah Pringsewu membahas tentang fitur-fitur yang ada pada aplikasi “pemetaan penyebaran penyakit pasien Kabupaten Pringsewu”.

Dalam aplikasi tersedia SIG dibidang kesehatan sebagai penyedia data atribut dan spasial yang mampu menggambarkan distribusi penderita suatu penyakit, pola atau model sebaran penyakit dan fasilitas pendukungnya. Melalui pemetaan sebaran penyakit diharap informasi tentang titik dan angka sebaran penyakit dapat lebih mudah diakses sebagai pertimbangan pengambilan keputusan Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu. (*na)

BERITA TERKAIT :
UAP DAN DINAS KESEHATAN BANGUN APLIKASI PEMETAAN PENYEBARAN PENYAKIT PASIEN
UAP LAKUKAN PAPARAN APLIKASI PEMETAAN PENYEBARAN PENYAKIT PASIEN

UAP KEMBALI LAKUKAN PAPARAN APLIKASI PEMETAAN PENYEBARAN PENYAKIT PASIEN

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat