UAP DAN DINAS KESEHATAN BANGUN APLIKASI PEMETAAN PENYEBARAN PENYAKIT PASIEN

IMG-20201211-0002
Berita Kampus Event

UAP DAN DINAS KESEHATAN BANGUN APLIKASI PEMETAAN PENYEBARAN PENYAKIT PASIEN

PRINGSEWU (UAP) – Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu melalui Dinas Kesehatan berkolaborasi dengan Universitas Aisyah Pringsewu akan membangun sebuah aplikasi pemetaan penyebaran penyakit pasien.

Jum’at (11/12), di Ruang Rapat Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu berlangsung persamaan persepsi terkait aplikasi yang akan dibangun, tampak hadir Wakil Rekor I Universitas Aisyah Pringsewu Ani Kristianingsih, SST., M.Kes, kepala Lembaga Penjaminan Mutu Internal Universitas Aisyah Pringsewu Nopi Anggista Putri, S.ST., M.Keb, Amali Rica Pratiwi, S.Gz, M.Gz.

Dihadapan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu dr. Ulinoha, Dekan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu Zulkifli, S.T., M.Kom., mengatakan, penggunaan SIG dibidang kesehatan sebagai penyedia data atribut dan spasial yang mampu menggambarkan distribusi penderita suatu penyakit, pola atau model sebaran penyakit dan fasilitas pendukungnya. Melalui pemetaan sebaran penyakit diharap informasi tentang titik dan angka sebaran penyakit dapat lebih mudah diakses sebagai pertimbangan pengambilan keputusan Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu.

Beliau menambahkan, pemetaan sebagai suatu sistem berbasis komputer yang mengintegrasi data lapangan dengan data-data atribut yang melengkapi informasi, dari data lapangan dapat memberikan kemudahan kepada pihak untuk mencari, menemukan letak rumah pasien dan informasinya secara cepat dan tepat.

Sistem Informasi Geografis (SIG) memiliki peran yang luas, dapat diaplikasikan pada berbagai fenomena alam yang terjadi. Tidak hanya persoalan penataan kota dan perencanaan wilayah, tetapi juga dapat memetakan sebaran penyakit pasien yang ada diwilayah Kabupaten Pringsewu.

Melalui bantuan aplikasi SIG dapat mudah terlihat dalam tampilan peta. Gambaran sebaran wilayah penyakit pasien disajikan dengan baik dalam peta. Peta sebaran bisa dibuat secara statis maupun dinamis (real time), tergantung penyediaan data dan penginputannya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu dr. Ulinoha mengucapakan terima kasih kepada Universitas Aisyah Pringsewu yang sudah memfasilitasi aplikasi tersebut, tentunya aplikasi tersebut sangat berguna dan membantu sekali bagi Kabupaten Pringsewu. Beliau berharap, aplikasi tersebut segera bisa dimanfaatkan. (*na)

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat