UAP KEMBALI LAKUKAN BAKSOS DALAM TANGANI COVID-19

PRINGSEWU (UAP) – Rabu (6/5), Universitas Aisyah Pringsewu memberikan APD ke posko Covid-19 Pringsewu berupa tempat cuci tangan, sabun cuci tangan, masker dan buku dzikir begitu juga untuk posko Covid Kelumbayan Barat mendapatkan tempat cuci tangan, sabun cuci tangan, handscoon, masker, buku dzikir, hazmat dan face shield. Pemberian APD diwilayah Kabupaten Pringsewu dan Kelumbayan Barat diwakili dari Universitas Aisyah Pringsewu oleh Muhammad Nur, S.Kep., Ners., Miyanto, Bambang Supriyadi.

Sementara ke UPT Puskesmas Rawat Inap Gedongair kota Bandar Lampung diberikan secara langsung oleh Ketua Senat Universitas Aisyah Pringsewu Zulkifli, S.T., M.Kom pada hari Selasa (5/5).

Badan Kesehatan Dunia WHO (World Health Organizations) mendukung penggunaan masker untuk semua orang ditengah pandemi Covid-19 akibat infeksi virus corona. (Sumber : https://www.cnnindonesia.com/)

Wabah covid-19 kini tengah menjadi masalah masyarakat dunia. Tak hanya berpotensi mengganggu kesehatan, covid-19 kerap menimbulkan kepanikan. Sayangnya, kepanikan tak akan efektif untuk menangkal covid-19. Kepanikan justru membuat ketersediaan masker menjadi kian langka dan harga sejumlah bahan melonjak tinggi.

Demi mengurangi kepanikan akan covid-19, Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) turut serta membantu mencegah penyebaran covid-19 di Indonesia. Kali ini, Universitas Pertama di Pringsewu sudah mendistribusikan 1000 masker kain berikut buku dzikir secara gratis kepada masyarakat umum yang melewati kawasan Universitas Aisyah Pringsewu.
Aksi tersebut sebagai langkah preventif sekaligus mengedukasi dan sosialisasi kepada masyarakat untuk mencegah atau meminimalisasi penyebaran covid-19.

Dalam pembagian masker ini, sejumlah mahasiswa, staf dan dosen Universitas Aisyah Pringsewu turun langsung ke jalan. Mereka membagikan masker kepada masyarakat umum yang melewati kawasan Universitas Aisyah Pringsewu yang berlokasi di Jl. A. Yani, No 1A, Tambahrejo, Kec. Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dian Arif Wahyudi, S.Kep., Ners., M.A.N., mengatakan, pembagian masker ini adalah bentuk kepedulian Universitas Aisyah Pringsewu sebagai lembaga pendidikan untuk aktif mendukung kebijakan pemerintah tentang penggunaan masker. Kegiatan pembagian masker kain ini bersumber dari keluarga besar Universitas Aisyah Pringsewu. Aksi ini diharapkan dapat mendorong masyarakat mendukung penuh upaya-upaya pemerintah untuk memutus mata rantai covid-19.

Beliau menegaskan, bahwa Pemerintah meminta seluruh masyarakat untuk memakai masker. Penggunaan masker ini salah satu upaya untuk memutus mata rantai covid-19. Di kesempatan ini, kami juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk selalu memakai masker saat beraktivitas di luar dan bekerja. Kita ikuti anjuran pemerintah untuk mendukung perang lawan covid-19. Dengan memakai masker, kita melindungi diri kita sendiri dari covid-19. Gerakan tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat sekecil apapun bagi masyarakat luas serta bagi Indonesia yang sedang bergerak bersama mencegah penyebaran covid-19, tegas Dian.

Sementara Rektor Universitas Aisyah Pringsewu Hardono, S.Kep., Ners., M.Kep., mengatakan, bahwa kegiatan pembagian masker kepada masyarakat umum yang melewati kawasan Universitas Aisyah Pringsewu yang berlokasi di Jl. A. Yani, No 1A, Tambahrejo, Kec. Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, Lampung adalah bagian dari kepedulian Universitas Aisyah Pringsewu untuk Indonesia dalam kaitan pencegahan penyebaran covid-19. Kami ingin membantu masyarakat bersama-sama untuk mencegah penyebaran covid-19. Tentunya yang saat ini dibutuhkan masyarakat adalah masker. Paling tidak, ini kebutuhan di langkah awal menjalankan protokol pencegahan covid-19. Harapan kami semoga apa yang dilakukan mahasiswa, staf dan dosen Universitas Aisyah Pringsewu turun langsung ke jalan dapat memberi manfaat.

Beliau menambahkan, kondisi covid-19 keberadaan masker malah sulit didapat. Padahal pemakaian masker menjadi salah satu upaya untuk mencegah penyebaran covid-19. Ditengah covid-19 seperti ini, bukan lagi saatnya untuk bersikap egois dan mementingkan diri sendiri. Kita juga haraus memikirkan kepentingan orang lain, terutama orang-orang di sekitar kita. Pemerintah Indonesia telah mewajibkan seluruh masyarakat menggunakan masker saat berada di tempat umum. Penggunaan masker itu bukan semata-semata untuk melindungi diri sendiri, tapi juga melindungi orang-orang di sekitar kita. Universitas Aisyah Pringsewu mendukung penuh upaya pemerintah dalam mencegah covid-19. Kita berharap covid-19 ini segera berakhir. Aamiin YRA.(*na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *