PROGRAM GETUK SEWU

GETUK SEWU
Berita Kampus Event

PROGRAM GETUK SEWU

PRINGSEWU (UAP) – Data kependudukan sebagai hasil dari kegiatan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil dalam sistem administrasi kependudukan merupakan kebutuhan dasar untuk perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaan kebijakan pembangunan. Data kependudukan tersebut memiliki kaitan erat dengan pendidikan, kesehatan, dan perlindungan sosial bagi masyarakat.

Kepemilikan dokumen kependudukan memiliki berbagai manfaat, Bagi masyarakat, kepemilikan dokumen kependudukan terkait dengan kesempatan melanjutkan pendidikan, akses pada layanan kesehatan, kepastian perlindungan hukum dan terbukanya peluang pada sumber-sumber penghidupan dan ekonomi.

Bagi pemerintah, kepemilikan dokumen kependudukan yang lengkap menyumbang pada perbaikan kualitas statistik hayati yang merupakan dasar perencanaan dan penganggaran bagi pelayanan publik.

Pemerintah Kabupaten Pringsewu melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang berkolaborasi dengan Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) telah melakukan banyak inovasi untuk mendekatkan layanan dari kabupaten hingga ke tempat yang lebih dekat dengan tempat tinggal penduduk.

Universitas Aisyah Pringsewu dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu mengadakan rapat koordinasi bertempat di Ruang Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kamis (15/4). Rapat koordinasi dalam rangka pengembangan aplikasi untuk layanan kolektif di pekon yang diberinama PROGRAM “GETUK_SEWU”

Hadir dalam rakoor tersebut Kepala Dinas Dukcapil Nazri, S.H sekaligus membuka acara tersebut, Sekretaris Dukcapil Sudarsih, S.E., Dekan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu Zulkifli, S.T., M.Kom., Kaprodi Teknik Informatika Fakultas Teknlogi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu Nur Aminudin, M.T.I, Kaprodi Rekayasa Perangkat Lunak Fakultas Teknlogi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu Agustinus Eko S, M. Kom dan beberapa staf disdukcapil.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Siipil Kabupaten Pringsewu Sudarsih, S.E., mengatakan, kolaborasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) melalui PROGRAM “GETUK_SEWU” = Gerakan Tertib Urusan Kependudukan di Pringsewu, menginisiasi pendekatan Layanan Adminduk Berbasis Pekon/Desa.

Melalui PROGRAM “GETUK_SEWU” tersebut, untuk memfasilitasi pelayanan adminduk yang dilakukan secara kolektif di tingkat pekon sehingga masyarakat tidak perlu lagi datang ke Dukcapil.

Sementara Zulkifli, S.T., M.Kom., mengatakan, pentingnya peran serta dunia pendidikan tinggi dalam mendorong pembangunan tidak dapat dipungkiri lagi. Hal ini tercermin dalam pasal 20 UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Diknas) yang menyatakan bahwa salah satu dharma Perguruan Tinggi, selain pendidikan dan penelitian, adalah kegiatan pengabdian masyarakat. Selain itu, pasal 24 UU Diknas menyatakan adanya otonomi Perguruan Tinggi untuk mengelola sendiri lembaganya sebagai pusat penyelenggaraan pendidikan tinggi, penelitian ilmiah, dan pengabdian kepada masyarakat. Tri Dharma Perguruan Tinggi itu sendiri merupakan tiga pilar utama penyelenggaraan institusi perguruan tinggi.

Untuk itu, kami Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu wajib melaksanakan hal tersebut, dan kami siap untuk mewujudkan PROGRAM GETUK_SEWU.(*na)

BERITA TERKAIT : UAP DAN DUKCAPIL KEMBALI GELAR RAPAT GETUK SEWU

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat