Penyerahan SK Universitas Aisyah Pringsewu

LAMPUNG – Tiga perguruan tinggi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Aisyah Pringsewu, Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Aisyah Pringsewu, dan Akademi Kebidanan Medica Bakti Pringsewu, resmi bergabung dan berubah nama menjadi Universitas Aisyah Pringsewu.

Perubahan nama tersebut berdasarkan SK Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor: 417/KPT/I/2019 Tertanggal 21 Mei 2019 Tentang Ijin Penggabungan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Aisyah Pringsewu, Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Aisyah Pringsewu, dan Akademi Kebidanan Medica Bakti Pringsewu menjadi Universitas Aisyah Pringsewu.

Prof. Dr. Slamet Widodo, M.S., M.M sebagai Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II Sumatera Selatan, Lampung , Bengkulu Dan Bangka Belitung, menyerahkan salinan SK tersebut kepada Pembina Yayasan Aisyah Lampung, Isnaidi Guswantoro. Penyerahan salinan SK Izin Penggabungan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Aisyah Pringsewu, Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Aisyah Pringsewu, dan Akademi Kebidanan Medica Bakti Nusantara Pringsewu menjadi Universitas Aisyah Pringsewu di Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung yang Diselenggarakan oleh Yayasan Aisyah Lampung bertempat di Hotel Bukit Randu Lampung Jl. Kamboja No. 1-2A, Kebon Jeruk Kota Bandar Lampung, Kamis (20/6/2019).

Tampak hadir Sekretaris Yayasan Fitriana, Ketua STT Aisyah Pringsewu Zulkifli, Ketua STIKes Aisyah Pringsewu Hardono, Direkrur AKBID MBN Desi Kumalasari dalam penyerahan salinan SK Izin Penggabungan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Aisyah Pringsewu, Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Aisyah Pringsewu, dan Akademi Kebidanan Medica Bakti Nusantara Pringsewu menjadi Universitas Aisyah Pringsewu.

Pembina Yayasan Aisyah Lampung, Isnaidi Guswantoro mengatakan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Aisyah Pringsewu, Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Aisyah Pringsewu, dan Akademi Kebidanan Medica Bakti Nusantara Pringsewu menjadi Universitas Aisyah Pringsewu, pihaknya akan gencar meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

Alhamdulillah, hari ini resmi berubah menjadi Universitas. Semoga dengan status baru ini, kita semua bisa meningkatkan kompentensi, khususnya di bidang SDM. Beliau menegaskan, bahwa era globalisasi adalah era persaingan mutu atau kualitas. Oleh karenanya peningkatan kemampuan mengelola dan mengembangkan perguruan tinggi sudah sangat dirasakan perlu, termasuk untuk menggunakan prinsip-prinsip manajemen modern yang berorientasi pada mutu dan kualitas. Sistem manajemen mutu dimaksud pada hakekatnya berinti pada perbaikan terus menerus untuk memperkuat dan mengembangkan potensi, antara lain harus mampu mengembangkan sumber daya manusia yang memiliki keunggulan-keunggulan. Sehingga outputnya memiliki multi-motivasi, yaitu ilmu pengetahuan, gelar keterampilan, pengalaman, keyakinan dan akhlakul karimah, sebagai persiapan memasuki dunia kerja atau persiapan membuka lapangan kerja, ucap Isnaidi, Kamis (20/6).

Universitas Aisyah Pringsewu memiliki potensi besar untuk menjadi yang terbaik dalam menjalankan peran Tridharma Perguruan Tinggi. Dengan peningkatan yang berkelanjutan (continuous improvement) dan dilakukan terus menerus dengan tetap berlandaskan pada prinsip-prinsip Good University Governance dengan mengutamakan aspek transparansi, akuntabilitas, tanggungjawab, independensi, dan keadilan.

Universitas Aisyah Pringsewu membawahi tiga Fakultas yakni :

Fakultas Kesehatan :
1. Profesi Ners
2. S1 Keperawatan
3. D3 Kebidanan
4. Kebidanan Program Sarjana Terapan
5. S1 Gizi
6. S1 Farmasi

Fakultas Teknologi dan Informasi
1. D3 Teknik Elektronika
2. S1 Teknik Informatika

Fakultas Sosial dan Bisnis
1. S1 Akuntansi
2. S1 Psikologi

Universitas Aisyah Pringsewu adalah perguruan tinggi swasta sekaligus Universitas Pertama di Pringsewu dibawah naungan Yayasan Aisyah Lampung. (*na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *