DISDUKCAPIL DAN FTI UAP GELAR RAKOOR

IMG 20210713-0001
Berita Kampus Event

DISDUKCAPIL DAN FTI UAP GELAR RAKOOR

PRINGSEWU (UAP) – Selasa (13/7), Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu menyelenggarakan rakoor dengan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) terkait Implementasi Pelayanan Dokumen Dukcapil Melalui Aplikasi “SEWUATI” (Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Informatif) dan Aplikasi “GETUK SEWU” (Gerakan Tertib Urusan Kependudukan di Pringsewu).

Kegiatan rakoor melalui zoom meeting tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu Nazri, S.H didampingi Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu Sudarsih, S.E beserta pegawainya.

Dari pihak Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) sendiri hadir Ketua Akselerasi Fakultas Teknologi dan Informatika Zulkifli, S.T., M.Kom didampingi Dekan Fakultas Teknologi dan Informatika Agustinus Eko Setiawan, M.Kom., Kaprodi Teknik Informatika Nur Aminudin, M.T.I., Kepala LPPM Fakultas Teknologi dan Informatika Tahta Herdian Andika, M.T.I., Unit Penjamin Mutu Prodi Teknik Informatika Ferly Ardhy, M.T.I.

Kepala Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu Nazri, S.H mengatakan, layanan melalui Aplikasi “SEWUATI” (Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Informatif) maupun “GETUK SEWU” (Gerakan Tertib Urusan Kependudukan di Pringsewu) sudah merasakan sekali manfaatnya pilot project yang ada di 5 pekon dan 1 kelurahan itu sangat merasakan, karena memang pengendaliannya itu akan lebih mudah, baik pengendalian dari pekon/kelurahan maupun komunikasi capil ke pekon akan lebih mudah. Sehingga saya berharap, saya bicara dengan kawan-kawan dicapil ini harus diteruskan, sehingga ditahun 2021 ini paling tidak 50% pekon/kelurahan sudah terjangkau untuk kita laksanakan pendampingan secara bersama-sama, tetapi sistemnya tidak ngeblok dikarenakan kondisi masih pandemi covid 19 seperti ini.

Selain itu, rakoor tersebut membahas tentang aplikasi pelayanan terintegrasi KUA dengan Disdukcapil. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pringsewu dalam mewujudkan inovasi pelayanan publik yang telah menjadi cita-cita bersama, untuk itu melalui Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) untuk mewujudkan inovasi pelayanan publik tersebut.

Ketua Akselerasi Fakultas Teknologi dan Informatika Zulkifli, S.T., M.Kom bersama tim menyambut baik apa yang menjadi inovasi pelayanan publik tersebut dan akan segera mewujudkan aplikasi terintegrasi KUA dengan Disdukcapil Pringsewu.

Beliau menegaskan, kami dari Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) sudah berkomitmen untuk mewujudkan inovasi-inovasi Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu, dan hal ini merupakan wujud nyata dari kami untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Untuk itu, kami Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) wajib melaksanakan hal tersebut, sekali lagi saya sampaikan, bahwa Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) siap untuk membangun aplikasi pelayanan terintegrasi KUA dengan Disdukcapil. (*na)

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat