UAP – WORKSHOP BUKU AJAR DAN MODUL PEMBELAJARAN

PRINGSEWU (UAP) – Selasa (10/9), Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) menyelenggarakan workshop buku ajar dan modul pembelajaran dengan tema “Menghasilkan Referensi Pembelajaran Berbasis Riset Ilmiah” kepada Dosen dengan pemateri Amirullah, S.E., M.M bertempat di Ruang selasar, dibuka oleh Wakil Rektor III Dian Arif Wahyudi, S.Kep., Ners., MAN mewakili Rektor Universitas Aisyah Pringsewu Hardono, S.Kep., Ners., M.Kep. Insya’Allah kegiatan tersebut akan berlangsung selama 2 hari.

Dian Arif Wahyudi mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mendukung pengembangan kegiatan belajar mengajar. Dengan diselenggarakan kegiatan ini, diharapkan Dosen Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) sebagai pengajar akan semakin memahami dan menguasai bagaimana membuat modul sebagai bahan ajar yang mudah dimengerti oleh para Mahasiswa.

Beliau juga menegaskan, bahwa buku ajar merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran. Setiap dosen membutuhkan buku ajar untuk membantu proses mengajar. Tujuan dari buku ajar tidak lain membantu komunikasi antara pengajar dan peserta didik. Buku ajar dikenal pula dengan sebutan buku teks, buku materi, buku paket, atau buku panduan belajar. Bentuknya bisa berupa buku teks, buku paket, buku materi, hingga buku panduan belajar, ucapnya.

Dalam pemaparannya Amirullah mengatakan, buku ajar sebaiknya ditulis oleh dosen pemegang mata kuliah, buku ajar yang baik digunakan dalam satu semester sesuai silabus, pemasaran buku ajar tidak sama dengan buku umum, dibawa setiap waktu kuliah oleh mahasiswa untuk memudahkan pembelajaran.

Beliau juga menegaskan, ada 4 pedoman penyusunan buku ajar :

  1. telaah kurikulum (menelaah kurikulum secermat mungkin berkaitan dengan landasan filosofis yang dijadikan dasar dalam pengembangan),
  2. menyusun silabus (membantu perancangan urutan sistematika setiap bab buku ajar),
  3. pengorganisasian buku (mengikuti struktur tata tulis pada umumnya, yakni diawali dengan pendahuluan, isi, dan penutup),
  4. pemilihan materi (materi yang akan dibahas pada setiap bab buku ajar perlu disesuaikan dengan ukuran-ukuran standar kurikulum)

Bagian utama dalam buku ajar berbasis silabus judul utama, in print, prakata, daftar isi, sialbus mata kuliah, batang tubuh, daftar pustaka, glosaroum, indeks. (*na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *