UAP UJI OSCE

PRINGSEWU (UAP) – OSCE merupakan bagian dari sistim assesment dengan tujuan untuk menilai kompetensi dan ketrampilan klinis mahasiswa secara objektif dan terstruktur, untuk menilai komponen kompetensi klinik. Terstruktur artinya ujian dilakukan dengan bahan dan metode berdasar pada tujuan mengukur kemampuan mahasiswa yang akan diuji dan setiap mahasiswa memperoleh tugas atau soal yang sama atau setara. Objektif artinya sesuai dengan fakta selama mahasiswa melakukan ujian dan untuk melakukan dibantu oleh ceklist pada rubrik atau skala rating (global rating) agar dapat membatasi subjektivitas dari penilai.

Jurusan D4 Kebidanan Fakultas Kesehatan Universitas Aisyah Pringsewu, Jum’at 3 Januari 2020 menyelenggarakan pelatihan Metode Objective Structured Clinical Examination (OSCE). Pelaksanaaan kegiatan dibimbing langsung oleh Zulkifli, S.T., M.Kom., selaku ketua Senat sekaligus kepala Developer Startup Software Universitas Aisyah Pringsewu.

Beliau mengatakan, Objective Structured Clinical Examination merupakan bagian dari sistem asessment. Tujuan OSCE yaitu menilai kompetensi dan keterampilan klinis mahasiswa secara objektif dan terstruktur. Alhamdulillah kegiatan yang berlangsung mulai dari pukul 08.30 wib s/d selesai berjalan dengan lancar, ucapnya. (*na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *