UAP SUKSES GELAR WEBINAR DALAM RANGKA ULANG TAHUN IBI KE 69

PRINGSEWU (UAP) – Pelayanan kesehatan ibu dan anak yang didukung dengan kualitas pendidikan yang baik diharapkan dapat menghasilkan tenaga bidan yang berkualitas dan mampu bekerja secara ekonomi dan bertanggung jawab baik terhadap pasien maupun dengan mitra tenaga kesehatan lain. Penguatan pendidikan formal juga untuk mendukung terciptanya cita-cita Indonesia dalam meningkatkan derajat kesehatan, dengan mecetak tenaga kesehatan yang profesional, akuntabel, menjadi mitra perempuan (Women Center Care).

Kesehatan i bu dan anak adalah kesehatan yang mencakup segala aspek untuk mempertahankan derajat kesehatan yang optimal secara komprehensif disetiap daur kehidupannya mulai dari prakonsepsi, konsepsi, hamil, bersalin, nifas, bayi baru lahir, balita, pra sekolah, sekolah, remaja, dewasa hingga menopouse.

Pelayanan kebidanan adalah bagian integral dari sistem pelayanan kesehatan yang diberikan bidan, dilakukan secara mandiri, kolaborasi, konsultasi dan rujukan yang ditujukan kepada kesehatan reproduksi perempuan sepanjang siklus kehidupannya termasuk bayi dan anak Balita (Depkes.go.id, 2012).

Alhamdulillah, Pengurus Ranting Ikatan Bidan Indonesia (PR IBI) Universitas Aisyah Pringsewu telah sukses menyelenggarakan Webinar dengan tema “Peran Pendidikan Profesi Bidan Sebagai Penggerak Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak” yang digelar pada Sabtu siang (11/07) diikuti oleh ribuan bidan dari berbagai daerah di Indonesia..

Dalam webinar tersebut menghadirkan narasumber :

  1. Mery Destiaty, SKM., M.Kes (Ketua PD IBI Provinsi Lampung) – UU No 4 Tahun 2019 Tentang Kebidanan

  2. Andari Wuri Astuti, SS.iT., MPH., Ph.D (Dosen & Peneliti Universitas Aisyiyah Yogyakarta) – Penelitian Untuk Meningkatkan Pelayanan Kebidanan Berbasis Evidance

  3. dr. Nur Rohmah Arsyah, Sp.OG (Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Di RSUD Demang Sepulau Raya Lampung Tengah) – Antenatal Care Berkualitas Dan Deteksi Dini Kehamilan Risiko Tinggi Di Era New Normal

  4. Dr. Elsa Fitri Ana, S.Keb. Bd. M. Ked. Trop (Dosen Kebidanan Universitas Aisyah Pringsewu) – Perkembangan Penelitian Kesehatan Ibu dan Anak Dalam Masa Pandemi Covid -19

Webinar dengan tema “Peran Pendidikan Profesi Bidan Sebagai Penggerak Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak” dimoderatori Yuni Sulistiawati, SST., M.Tr.Keb dosen Kebidanan Universitas Aisyah Pringsewu. Kegiatan yang diadakan melalui Zoom dan Live Streaming in Youtube Channel : youtube.com/c/uaptv tersebut dibuka oleh ketua IBI Ranting Universitas Aisyah Pringsewu, Siti Rohani, SST., M.Kes.

Siti Rohani, SST., M.Kes mengatakan, kegiatan ini bersifat diskusi ilmiah yang diberikan secara online dengan materi yang disampaikan oleh narasumber sesuai dengan tema yang telah ditentukan yaitu terkait dengan “Peran Pendidikan Profesi Bidan sebagai Penggerak Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak”.(*na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *