UAP LAUNCHING PRODI S-1 KEBIDANAN DAN PENDIDIKAN PROFESI BIDAN

PRINGSEWU (UAP) – Fakultas Kesehatan Universitas Aisyah Pringsewu telah membuka program studi baru. Program studi tersebut adalah Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan. Prodi baru ini telah mendapat izin resmi dengan dikeluarkan surat keputusan Mendikbud pertanggal 8 Januari 2020 tentang Izin Pembukaan Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan.

Penyerahan SK tentang prodi baru tersebut diserahkan langsung Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah II Sumatera Bagian Selatan Prof. Slamet Widodo,.MS.,MM kepada Rektor Universitas Aisyah Pringsewu Hardono, S.Kep., Ners., M.Kep., pada Selasa (21/1). “Ini merupakan amanah dan sebuah tantangan baru bagi kami,” ujar Hardono, S.Kep., Ners., M.Kep.

Dengan diterimanya SK tersebut, Universitas Aisyah Pringsewu lakukan Peresmian Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan yang dilaksanakan di aula Universitas Aisyah Pringsewu (UAP), Sabtu (1/2). Acara tersebut dihadiri tamu undangan, mulai dari unsur muspida dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu, dari rumah sakit, puskesmas, perguruan tinggi, jajaran rektor, dekan, perwakilan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung dan perwakilan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Lampung.

Fakultas Kesehatan Universitas Aisyah Pringsewu siap menerima mahasiswa baru untuk Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan. Hal tersebut disampaikan oleh Rektor Universitas Aisyah Pringsewu Hardono, S.Kep., Ners., M.Kep. “Mahasiswa yang kuliah di S1 Kebidanan akan memperoleh gelar Sarjana Kebidanan (S.Keb) yang dapat ditempuh selama empat tahun, sedangkan pendidikan profesi bidan akan memperoleh gelar Bd. (Bidan) yang dapat ditempuh selama satu tahun”, ucapnya.

Rektor Universitas Aisyah Pringsewu Hardono, S.Kep., Ners., M.Kep., menambahkan, pembukaan prodi baru ini menjadi acuan untuk menjawab tantangan di bidang kesehatan. Beliau menegaskan, berbagai tantangan tersebut salah satunya terkait kualitas lulusan yang harus diterima di masyarakat.

Sementara Ketua Senat Universitas Aisyah Pringsewu Zulkifli, S.T., M.Kom bersyukur dan berharap, dengan adanya Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan, harus menjadi program studi kebidanan yang menghasilkan bidan professional, kompetitif, mandiri dan membentuk insan akademik unggul yang berlandaskan nilai-nilai akhlakul karimah. Mari bersama-sama kita wujudkan Universitas Aisyah Pringsewu menjadi Universitas yang unggul dalam penyelenggaraan pendidikan, harus berjuang keras menjadikan prodi-prodi yang berada di masing-masing fakultas memiliki kualitas sama baiknya. “Jadi tidak hanya sekadar nambah prodi, tanggung jawab juga menjadi semakin besar, ucapnya. (*na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *