UAP KEMBALI GELAR WISUDA

20211113_090303
Berita Kampus Event

UAP KEMBALI GELAR WISUDA

PRINGSEWU (UAP) – Senat Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) kembali menggelar Rapat Terbuka dengan agenda Wisuda Lulusan Program Studi Profesi Ners, Program Studi Kebidanan Program Sarjanan Terapan dan D-3 Kebidanan pada Sabtu (13/11).

Ketua Senat Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) Dian Arif Wahyudi, S.Kep., Ners., MAN., membuka sidang senat terbuka wisuda ke-3 tahap 2 tahun akademik 2020/2021 bertempat di aula lantai dua Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) Jl. A Yani No. 1A Tambahrejo, Wonodadi, Kecamatan Gadingrejo.

Pelaksanaan prosesi wisuda ke-3 tahap 2 Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) tahun akademik 2020/2021 dihadiri langsung oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah II Sumbagsel, Prof. Yuliansyah, SE., M.SA., Ph.D., Akt, CA didampingi Ketua Tim Pengembangan IT LLDIKTI Wilayah II Zulkifli, S.T., M.Kom., Pembina Yayasan Aisyah Lampung Isnaidi Guswantoro, S.Kep., Ketua Yayasan Sukarni, SST., M.Kes., Sekretaris Yayasan Fitriana, S.SiT., M.Kes., Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Malian Ayub., S.E., M.M., Ketua Senat Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) Dian Arif Wahyudi, S.Kep., Ners., MAN., Rektor Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) Wisnu Probo Wijayanto, S.Kep., Ners., MAN., Hardono, S.Kep., Ners., M.Kep., Wakil Rektor I, II, dan III Serta para Dekan Universitas Aisyah Pringsewu (UAP).

Rektor Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) Wisnu Probo Wijayanto, S.Kep., Ners., MAN, dalam sambutannya mengatakan, kami mengucapkan selamat atas keberhasilan yang diraih oleh putra putri atau suami atau istri Bapak/Ibu sekalian. Dengan gelar akademis yang berhasil disandang mereka dan dengan kompetensi yang diraih, kami mengharapkan lulusan Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) dapat terus berkarya, memberikan manfaat dan kontribusi nyata bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Dalam Menghadapi persaingan yang sangat kompetitif seperti ini, maka kami Universitas Aisyah Pringswu (UAP) terus berkomitmen untuk mendukung kebijakan Pemerintah, melalui Kemendikbud dan arahan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah II Sumbagsel, yaitu tentang peningkatan daya saing bangsa dan peningkatan mutu lulusan. Dengan memberikan bekal penguatan berkarakter dan program unggulan bagi mahasiswa melalui kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat, ketrampilan dan praktek di dunia Kerja dan industri maka mahasiswa akan mempunyai kemampuan yang lebih sehingga dapat menjawab tantangan kebutuhan pasar / masyarakat.

Dengan prosesi wisuda ini putra putri, suami istri Bapak Ibu sekalian, maka secara resmi kami mengembalikan tanggungjawab pendidikan kepada Bapak Ibu sekalian, tak lupa kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya atas kepercayaan yang diberikan bapak ibu untuk dapat menimba ilmu di Universitas Aisyah Pringsewu (UAP).

Kami mengucapkan terimakasih Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah II Sumbagsel dan berbagai pihak serta masyarakat yang senantiasa selalu mendukung Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) dalam berbagai bentuk. Kami berharap jalinan komunikasi yang berkelanjutan, masukan, saran dan kritik yang membangun.

Sambutan Bupati Pringsewu dibacakan Oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Malian Ayub., S.E., M.M., Sebagaimana kita ketahui pembangunan di bidang kesehatan merupakan salah satu bidang yang mendapat perhatian serius dari pemerintah, disamping bidang pendidikan dan bidang lainnya berbagai upaya yang dilakukan adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan dan tentunya meningkatkan kualitas pelayanan di bidang kesehatan khususnya bagi warga masyarakat kabupaten Pringsewu salah satu upaya yang dilakukan di antaranya dengan berupaya menjalin sinergitas yang baik dengan berbagai berbagai pihak, agar kedepannya dapat diwujudkan suatu strategi tidak hanya kualitas namun juga kuantitas para tenaga kesehatan di tengah-tengah keterbatasan dan masih minimnya sumber daya manusia yang mumpuni di bidang kesehatan seperti perawat bidan dan lainnya.

kehadiran Universitas Aisyiyah Pringsewu (UAP) sendiri sebagai salah satu dari belasan lembaga perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Pringsewu membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu dalam bidang pendidikan dan kesehatan terutama dalam mencetak calon-calon tenaga di bidang kesehatan yang terampil dan dapat diandalkan.

Sementara Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah II Sumbagsel, Prof. Yuliansyah, SE., M.SA., Ph.D., Akt, CA., dalam sambutannya mengatakan, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II merupakan satuan kerja di lingkungan Kemendikbud yang mempunyai tugas dan fungsi di bidang peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di Provinsi Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung dan Bengkulu.

Sesuai dengan mandate yang kami terima seperti yang tercantum pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 34 tahun 2020 yang secara garis besar meningkatkan kualitas pendididikan dan pelayanan, LLDIKTI Wilayah II membangun aplikasi DiTES, dimana aplikasi DiTES ini sangat dibutuhkan oleh LLDIKTI Wilayah II dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan secara administratif yang awalnya manual sekarang dilakukan secara sistem.

Terlebih situsi pandemi covid 19 yang lebih dari satu tahun melanda dengan varian baru yang terus muncul ditambah lagi dengan kondisi yang belum memungkinan dunia pendidikan untuk bisa kembali berjalan seperti biasanya. Sistem dunia pendidikan juga mengalami perubahan yang signifikan, proses pembelajaran yang biasanya kita lakukan face-to-face interaction dengan mahasiswa harus dilakukan secara online.

Oleh karena itu, perguruan tinggi dituntut bagaimana melaksanakan sistem pendidikan secara daring ditambah dengan kebijakan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka, sehingga lulusan yang akan memasuki dunia kerja diharapkan mampu bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi lain.

Kebijakan MBKM merupakan kebijakan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang bertujuan mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Dimana Merdeka Belajar-Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa memiliki pengalaman belajar lain di luar program studinya.

Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka merupakan implementasi dari Kebijakan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Pak Nadiem Makarim yang antara lain memberikan hak belajar 3 (tiga) semester di luar Program Studi kepada Mahasiswa sebagaimana diatur dalam Permendikbud No. 3 Tahun 2020.

Dengan kebijakan ini kompetensi lulusan akan meningkat, baik keterampilan non teknis (soft skills) maupun teknis (hard skills), sehingga lulusan lebih siap dan selaras dengan kebutuhan zaman, serta lebih cakap sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian. Program pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) dengan jalur yang fleksibel diharapkan akan dapat memfasilitasi mahasiswa mengembangkan potensinya sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Yuliansyah, SE., M.SA., Ph.D., Akt, CA., mengucapkan ucapan terimakasih kepada Pimpinan Daerah dan Ketua Yayasan yang telah memberikan kontribusi kepada dunia pendidikan di Kabupaten Pringsewu. Semoga visi misi mulia yang sudah menjadi komitmen Pimpinan Daerah dan Yayasan dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan. Terima kasih kepada pimpinan, dosen, staf, karyawan, dan segenap sivitas akademika Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) atas terwujudnya academic atmosphere yang baik, sehingga mahasiswa berhasil melalui proses pembelajaran dan dapat menyelesaikan pendidikanya pada hari ini. Kepada orangtua alumni, anggota keluarga, kami juga mengucapkan terima atas jerih payah, pengorbanan baik moril maupun materil. Semoga apa yang dicapai anak-anak kita, anggota keluarga pada hari ini dapat memenuhi harapan dan menjadi kebanggaan keluarga besar.

Ketua Panitia Wisuda Universitas Aisyah Pringsewu (UAP), Nur Aminudin, M.T.I mengatakan, Alhamdulillah pelaksanaan prosesi wisuda tahun akademik 2020/2021 sukses digelar. Sebanyak 145 lulusan dikukuhkan pada Wisuda yang ketiga setelah menjadi Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) ditahap 2 ini. (*na)

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat