UAP IKUTI RAPAT KERJA LLDIKTI WILAYAH II

2
Berita Kampus Event

UAP IKUTI RAPAT KERJA LLDIKTI WILAYAH II

LAMPUNG (UAP) – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II menyelenggarakan Rapat Kerja Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II secara Luring dan Daring dengan tema “Kampus Merdeka, Merdeka Belajar : SDM Unggul Menuju Indonesia Jaya” yang dilaksanakan tanggal 8 – 10 Oktober 2021 di Hotel Novotel Lampung Jalan Gatot Subroto No. 136 Bumi Waras Bandar Lampung yang dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Ir. Suharti, MA, PhD secara daring, Sekretaris LLDIKTI Wilayah II Dr. Nuril Furkan, M.Pd., Ketua APTISI Pusat, Ketua APTISI Wilayah IIA, IIB, Rektor Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) Wisnu Probo Wijayanto, S.Kep.,Ners., MAN dan Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta dilingkungan LLDIKTI Wilayah II lainnya.

Rapat Kerja Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II disiarkan secara langsung melalui UAP TV

Kepala LLDIKTI Wilayah II Prof. Yuliansyah, S.E., M.S.A., Ph.D., Akt., CA. dalam sambutannya sekilas menukil dari kata-kata Henry Ford “Kebersamaan itu seperti permulaan, menjaga kebersamaan merupakan kemajuan, bekerjasama merupakan suatu keberhasilan”.

Kata-kata ini sangat sederhana, tapi mempunyai makna yang sangat besar. Dengan kebersamaan dan bekerjasama sesuatu yang kecil akan menjadi keberhasilan yang luar biasa. Raker ini merupakan moment penting bagi kita semua untuk berkumpul, bertukar informasi, mencari inspirasi serta berkolaborasi agar kita sama-sama dapat memberikan manfaat satu sama lain untuk keberhasilan kita semua. Aamiin Ya Robbal Alamin.

Banyak tugas untuk meningkatkan pendidikan tinggi di LLDIKTI Wilayah II, langkah pertama yang kami lakukan melanjutkan pengembangan IT yang telah dilakukan sebelumnya, pada tahun ini juga dua sistem sudah berjalan dengan baik yaitu SIKITO dan DiTES.

SIKITO adalah Sistem Informasi untuk kenaikan jenjang akademik, Starting Point SIKITO dimulai dari akhir Januari tahun ini juga. Sedangkan DiTES Generasi ke 2 mulai berjalan bulan April.

Alhamdulillah dengan adanya SIKITO terjadi lompatan yang cukup signifikan dalam pengurusan jenjang akademik berkat roadshow tim SIKITO dalam pendampingan pengurusan jenjang akademik di empat Provinsi LLDIKTI Wilayah II menjadi satu dari tiga LLDIKTI di Indonesia secara statistik berdasarkan laporan PDDIKTI tanggal 5 Oktober kemarin jumlah dosen yang berjenjang akademik Asisten Ahli lebih besar dari dosen yang tidak mempunyai jenjang akademik.

Tahun sebelumnya dosen yang tidak mempunyai jenjang akademik adalah 43%, sedangkan dosen yang mempunyai jenjang akademik asisten ahli adalah 31%, sekarang asisten ahli 35%.

Hari ini adalah hari yang ditunggu tunggu yaitu peresmian Mismonik. Mismonik adalah Manajemen Sistem Arsip Dokumen Elektronik yaitu data induk arsip utama dalam roadmap pengembangan IT LLDIKTI kedepan.

Sistem ini adalah pembenahan dari sistem SIKITO dan DiTES yang Insya’Allah akan kami update menjadi satu pintu masuk di Mismonik.

Dimana kedepannya setiap SK atau persuratan yang kami hasilkan secara otomatis tersimpan pada data pemohon, tidak seperti yang lalu dimana setiap SK yang kita buat, lalu kita serahkan ke perguruan tinggi tetapi dengan Mismonik Bapak Ibu dapat mendownload dan print sendiri.

LLDIKTI Wilayah II terus berbenah dalam menjalankan program untuk meningkatkan kualitas pendidikan pengajaran. Sehubungan dengan hal itu kami menggunakan falsafah Total Quality Management (TQM) dalam melakukan pendampingan dan sosialisasi di empat Provinsi ini secara garis besar terdapat animo yang sangat tinggi bagi dosen dosen untuk mengikuti kegiatan kegiatan yang diadakan LLDIKTI Wilayah II.

Informasi terkait kegiatan LLDIKTI Wilayah II selalu kami umumkan dimedia sosial seperti IG. Berdasarkan data kami dapatkan, ada peningkatan yang sangat signifikan difollowers IG LLDIKTI Wilayah II hampir 700% sejak Januari 2020, ini menunjukan animo yang tinggi bagi dosen-dosen PTS terhadap informasi yang kami sampaikan sesuai konsep continous improvement dalam falsafah Total Quality Management (TQM) eksekusi maupun agenda kegiatan akan selalu kami perbaiki.

Selain itu juga pembenahan kualitas pelayanan kepada stakeholder juga memunculkan dampak positif lainnya yaitu LLDIKTI Wilayah II berhasil lolos tahap pertama untuk Zona Integritas dan Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

Lolosnya LLDIKTI Wilayah II merupakan berkah luar biasa bagi kami, karena LLDIKTI Wilayah II merupakan satu dari enam LLDIKTI di Indonesia yang masuk dalam Zona Integritas dan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan juga LLDIKTI Wilayah II peringkat kedua di Indonesia. Mohon do’anya semoga LLDIKTI Wilayah II lolos evaluasi tahap berikutnya.

Raker dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Ir. Suharti, MA, PhD sekaligus melaunching aplikasi Mismonik.(*na)

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat