UAP HADIRKAN SANDIAGA UNO

PRINGSEWU (UAP) – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi motor utama penggerak perekonomian dengan perannya dalam mengentaskan kemiskinan dan pemerataan tingkat perekonomian rakyat kecil. Lebih dari 90 persen tenaga kerja Indonesia bekerja pada sektor UMKM. Data Kementerian Koperasi dan UMKM menunjukkan kontribusi UMKM pada PDB 2017 mencapai 60,34 persen. Sementara, menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, pekerja pada sektor UMKM sebanyak 116 juta orang. Kabupaten Pringsewu sendiri memiliki 4.519 UMKM yang tersebar di beberapa kecamatan (Data tahun 2018).

Namun saat ini masih banyak pihak yang belum memahami fungsi vital ini dan menganggap sebelah mata pada sektor ini. Kondisi “new Normal” yang terjadi saat ini dikarenakan pandemi Covid-19 yang terjadi secara global berimbas pada sektor ekonomi Nasional kita.

Masih dalam rangkaian milad yang pertama, Universitas Aisyah pringsewu kembali mengadakan webinar. Webinar kali ini tema yang diusung “Peran Universitas dalam Menstimulasi Produktivitas UMKM di Era Kehidupan Baru”. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman akan peran pentingnya sektor UMKM dalam menunjang perekonomian negara ini serta kiat Strategi dan Peluang bagi pelaku usaha UMKM di era “new-normal”.

Kegiatan Webinar nasional tersebut berlangsung Sabtu (11/7), sebagai narasumber Sandiaga Salahudin Uno (Pengusaha Nasional, Founder OK OCE dan Rumah Siap Kerja), Iim Rusyamsi (Ketua Umum OK OCE Indonesia), Fikri El Aziz Direktur Kewilayahan OK OCE Indoensia, Bupati Pringsewu H. Sujadi, Agustomi, Riyanto Pamungkas, yang dimoderatori oleh Sutrisno, S.Kep., Ners., MAN selaku Ka. Unit Bisnis Universitas Aisyah Pringsewu. Kegiatan yang diadakan melalui Zoom dan Live Streaming in Youtube Channel : youtube.com/c/uaptv tersebut dibuka secara langsung oleh Rektor Universitas Aisyah Pringsewu Hardono, S.Kep., Ners., M.Kep.

Rektor Universitas Aisyah Pringsewu Hardono, S.Kep., Ners., M.Kep., menyampaikan ucapan terima kasih kepada Sandiaga Salahudin Uno (Pengusaha Nasional, Founder OK OCE dan Rumah Siap Kerja), Iim Rusyamsi (Ketua Umum OK OCE Indonesia), Fikri El Aziz Direktur Kewilayahan OK OCE Indoensia, Bupati Pringsewu H. Sujadi, Agustomi, Riyanto Pamungkas yang berkenan menjadi narasumber webinar “Peran Universitas dalam Menstimulasi Produktivitas UMKM di Era Kehidupan Baru”.

Beliau mengatakan, dengan adanya webinar ini, kita dapat mengetahui bagaimana masyarakat di Indonesia telah berkontribusi dalam UMKM, bagaimana peluang dan masalah yang ada terkait dengan kegiatan UMKM di Era Kehidupan Baru. Beberapa bulan terakhir ini, focus perhatian kita dan bahkan dunia tertuju pada bagaimana cara memutus penyebaran pandemic covid-19. Fakta menunjukkan bahwa langkah-langkah untuk memutus penyebaran virus corona ini, dimanapun termasuk di Indonesia, berdampak sangat buruk pada perekonomian. Sebagian masyarakat diminta untuk menghentikan gerak dan kegiatannya mengikuti anjuran protocol kesehatan.

Beliau berharap, webinar ini dapat bermanfaat agat UMKM dapat tetap bertahan dan terus bertumbuh secara berkelanjutan (sustainability growth) melewati masa pandemic covid-19 melalui penerapan Sistem Informasi Digital.

Sementara Bupati Pringsewu H. Sujadi dalam kegiatan webinar nasional yang digelar Universitas Aisyah Pringsewu tersebut, mengucapkan selamat milad yang pertama untuk Universitas Aisyah Pringsewu. Beliau mengapresiasi kegiatan tersebut, suatu kegiatan yang bermanfaat bagi Kabupaten Pringsewu terkait UMKM untuk memacu mengembangkan yang tradisonal ke yang modern.

Beliau juga menegaskan, kita harus memiliki akhlak yang baik atau etika yang baik, dengan kata lain pelaku ekonom harus memiliki prinsip yang baik dalam bertransaksi, berprilaku, berelasi atau berhubungan dengan pelaku ekonom lain agar dapat mencapai tujuan-tujuan bisnisnya, yang sesuai dengan prinsip-prinsip moralitas yang mencakup pada aspek baik atau buruk, terpuji atau tercela, benar atau salah, wajar atau tidak wajar, pantas atau tidak pantas dari semua perilaku manusia, tegasnya.

Dalam Webinar nasional “Peran Universitas dalam Menstimulasi Produktivitas UMKM di Era Kehidupan Baru” Sandiaga Uno selaku narasumber menyampaikan “Striving for The Entreval” atau Bagaimana caranya kita meningkatkan nilai-nilai kewirausahaan dalam UMKM sehingga kita bisa menciptakan lapangan kerja ditengah pandemi Covid 19, UMKM kita adalah tulangpunggung ekonomi kita.

Dalam paparannya, Bang Sandi menanamkan nilai-nilai kewirausahaan, nilai-nilai kewirausahaan belum bisa kita tanamkan ditengah pandemi Covid 19 karena nilai-nilai kewirausahaan itu belum mampu untuk disebarluaskan, oleh karena itu OK OCE hadir dan Universitas Aisyah Pringsewu bisa menjadi mitra kita.

OK OCE gerakan penciptaan lapangan kerja, OK OCE, terus memberikan kontribusi positif untuk bangsa. Melalui gerakan kewirausahaan dan ekonomi kerakyatan ini, OK OCE bertujuan untuk bisa menciptakan kemandirian dan lapangan kerja yang banyak untuk rakyat Indonesia.(*na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *