UAP GELAR SOSIALISASI BKD DAN LKD

PRINGSEWU (UAP) – Universitas Aisyah Pringsewu menyelenggarakan sosialisasi penyusunan Beban Kerja Dosen dan Laporan Kinerja Dosen yang diikuti oleh dosen Universitas Aisyah Pringsewu, Jum’at (4/9).

Plt. Wakil Rektor I Universitas Aisyah Pringsewu Feri Kameliawati, S.Kep., Ners., M.Kep, mengatakan total ada 60 dosen yang yang mengikuti sosialisasi penyusunan Beban Kerja Dosen dan Laporan Kinerja Dosen tersebut. Diharapkan pelatihan ini dapat meningkatkan kinerja, memudahkan menyusun beban kerja, mengerti teknis penyusunan laporan kinerja dosen.

Beliau menambahkan, sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2009 tentang Dosen, disebutkan bahwa dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Tugas utama dosen tersebut adalah melaksanakan tridharma perguruan tinggi dengan beban kerja paling sedikit sepadan dengan 12 (dua belas) SKS dan paling banyak 16 (enam belas) SKS pada setiap semester sesuai dengan kualifikasi akademik. Pelaksanaan tugas utama dosen ini perlu dievaluasi dan dilaporkan secara periodik sebagai bentuk akuntabilitas kinerja dosen kepada para pemangku kepentingan. Hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan arah dan tata-cara penetapan Beban Kerja Dosen dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan sosialisasi penyusunan Beban Kerja Dosen dan Laporan Kinerja Dosen yang digelar Jum’at (4/9) selaku narasumber Hamid Mukhlis, S.Psi., M.Psi dekan Fakultas Sosial dan Bisnis dan Surmiasih, S.Kep., M.Kes selaku Kepala SPI Universitas Aisyah Pringsewu.

Dalam pemaparanya, Hamid Mukhlis, S.Psi., M.Psi mengatakan, bahwa Beban Kerja Dosen (BKD) dihitung pada setiap awal semester, bersamaan dengan Laporan Kinerja Dosen (LKD) pada semester sebelumnya. BKD merupakan potret beban sks dosen melaksanakan tridharma dalam satu semester kedepan, sedangkan LKD merupakan potret kinerja riil dosen melaksanakan tridharma dalam hitungan sks satu semester terakhir yang sudah dijalani.(*na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *