UAP GELAR PENGABDIAN MASYARAKAT DI PONPES DARUL HUFFAZ LAMPUNG

PRINGSEWU (UAP) – Pentingnya peran serta dunia pendidikan tinggi dalam mendorong pembangunan tidak dapat dipungkiri lagi. Hal ini tercermin dalam pasal 20 UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Diknas) yang menyatakan bahwa salah satu dharma Perguruan Tinggi, selain pendidikan dan penelitian, adalah kegiatan pengabdian masyarakat. Selain itu, pasal 24 UU Diknas menyatakan adanya otonomi Perguruan Tinggi untuk mengelola sendiri lembaganya sebagai pusat penyelenggaraan pendidikan tinggi, penelitian ilmiah, dan pengabdian kepada masyarakat. Tri Dharma Perguruan Tinggi itu sendiri merupakan tiga pilar utama penyelenggaraan institusi perguruan tinggi.

Senin (13/7), Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Pondok Pesantren Darul Huffaz Lampung, alan Raya Bernung no.36 Gedong Tataan, Pesawaran, Bernung, Kec. Gedong Tataan, Gedong Tataan, Lampung. Seluruh Asatidz dan Asatidzah, Guru yang ada di bawah naungan Pondok Pesantren Darul Huffaz Lampung turut hadir dalam pembukaan acara tersebut.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Pondok Pesantren Darul Huffaz Lampung, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur,an, dilanjutkan sambutan dari Pondok Pesantren Darul Huffaz Lampung dalam hal ini disampaikan oleh kepala SDM, DR. Ikhwanul Mujahidin, sambutan dari Universitas Aisyah Pringsewu disampaikan oleh Dekan Fakultas Teknologi dan Informatika, Zulkifli, S.T., M.Kom.

Dalam sambutannya, kepala SDM Pondok Pesantren Darul Huffaz Lampung, yang beralamat di Jalan Raya Bernung no.36 Gedong Tataan, Pesawaran, Bernung, Kec. Gedong Tataan, Gedong Tataan, Lampung. DR. Ikhwanul Mujahidin mengatakan, rasa senangnya dan mengucapkan terima kasih kepada Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) yang telah berkenan silaturrahmi di Pondok Pesantren Darul Huffaz Lampung.

Kami berterima kasih atas kunjungan dan ilmunya yang akan diberikan kepada seluruh Asatidz dan Asatidzah, Guru yang ada di bawah naungan Pondok Pesantren Darul Huffaz Lampung. Tentunya hal ini akan meningkatkan kemampuan SDM Asatidz dan Asatidzah, Guru yang ada di bawah naungan Pondok Pesantren Darul Huffaz Lampung dibidang teknologi dan informasi.

Beliau menegaskan, teknologi canggih perlu didukung oleh sumber daya manusia yang mampu memanfaatkannya secara optimal. Oleh karenanya, kemajuan bidang teknologi informasi perlu diikuti dengan pengembangan sumber daya manusia yang akan menggunakan teknologi tersebut. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang TI adalah melalui pendidikan dan pelatihan.

Diakhir sambutan, beliau berharap silaturrahmi ini bisa terjalin dan menjadikan sebuah kerjasama yang membawa keberkahan, ungkapnya.

Sementara Dekan Fakultas Teknologi dan Informatika Zulkifli, S.T., M.Kom., mewakili Rektor Universitas Aisyah Pringsewu dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pondok Pesantren Darul Huffaz Lampung yang sudah menerima kami dengan sangat baik untuk melakukan dan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Tujuan melakukan dan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi karena, adanya Universitas Aisyah Pringsewu harus memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat.

Zulkifli menegaskan, Rektor Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) Hardono S.Kep., Ners., M.Kep., melalui kepala LPPM Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) Riska Hediya Putri, S.Kep., Ners., M.Kep., menjalankan salah satu fungsinya yaitu mendorong kepada dosen dan mahasiswa Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) untuk aktif mengamalkan Tridharma Perguruan Tinggi. Pada kesempatan kali ini Dosen dan mahasiswa Teknik Informatika Fakultas Teknologi dan Informatika serta Dosen Akuntansi melakukan “knowledge sharing” kepada 100 Asatidz dan Asatidzah, Guru Pondok Pesantren Darul Huffaz Lampung. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) untuk masyarakat (pendidikan, industri, umum) dan Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) akan selalu istiqomah menjadi salah satu Universitas yang berperan aktif mencerdaskan anak bangsa.

Disamping itu, Zulkifli juga memperkenalkan beberapa dosen yang memberikan materi dan mahasiswa yang terlibat/melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut di Pondok Pesantren Darul Huffaz Lampung :

NO. NIDN/NPM NAMA JABATAN
1 0219028201 Zulkifli, S.T., M.Kom. Dekan Fakultas Teknologi dan Informatika
2 0225068002 Yenny Marthalena, S.E., M.M Dosen Prodi Akuntnasi
3 0222127602 Nur Aminudin, S.Kom., M.T.I Kaprodi Teknik Informatika
4 0226028305 Dwi Feriyanto, S.T., M.Pd Kaprodi Teknik Elektronika
5 0203048801 Tahta Herdian Andika, S.Kom., M.T.I Dosen Prodi Teknik Informatika
6 0405058804 Agustinus Eko Setiawan, M.Kom. Dosen Prodi Teknik Informatika
7 0213129203 Fahlul Rizki, S.Kom., M.T.I Dosen Prodi Teknik Informatika
8 190201011 Ahmad Ahlun Nazar Mahasiswa Prodi Teknik Informatika
9 190201016 Nasrullah Abdul Aziz Mahasiswa Prodi Teknik Informatika
10 190201020 Rian Candra Pratama Mahasiswa Prodi Teknik Informatika

(*na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *