UAP GELAR PAMERAN CIPTA KREASI MAHASISWA

PRINGSEWU (UAP) – Pertumbuhan dan perkembangan teknologi, ditentukan oleh kondisi dan tingkat isolasi dan keterbukaan masyarakat serta tingkat pertumbuhan kehidupan sosial ekonomi masyarakat tersebut. Untuk memperkenalkan teknologi tepat guna perlu disesuaikan dengan kebutuhan, yaitu kebutuhan yang berorientasi kepada keadaan lingkungan geografis atau propesi kehidupan masyarakat yang bersangkutan. Teknologi yang demikian itu merupakan barang baru bagi masyarakat dan perlu dimanfaatkan dan diketahui oleh masyarakat tentang nilai dan kegunaannya. Teknologi tersebut merupakan faktor ekstern dan diperkenalkan dengan maksud agar masyarakat yang bersangkutan dapat merubah kebiasaan tradisional dalam proses pembangunan atau peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) mengadakan Pameran Cipta Kreasi Mahasiswa Teknologi Tepat Guna dalam Kebidanan 2020 UAP yang diadakan di aula kampus Universitas Aisyah Pringsewu, Sabtu (18/1/2020).

Suasana aula kampus Universitas Aisyah Pringsewu dalam kegiaatan pameran cipta kreasi mahasiswa teknologi tepat guna dalam kebidanan yang beralamat di Jl. A. Yani, No 1A, Tambahrejo, Kec. Gadingrejo, Kab. Pringsewu, Lampung begitu semarak. Sebuah kegiatan yang melibatkan mahasiswa prodi kebidanan program sarjana terapan.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua IBI Kabupaten Pringsewu Sus Indah Martiningsih,SST.,M.Kes, Sekretaris Yayasan Aisyah Lampung Fitriana, Ketua Senat Universitas Aisyah Pringsewu Zulkifli, S.T., M.Kom., Rektor Universitas Aisyah Pringsewu Hardono, S.Kep., Ners., M.Kep, Wakil Rektor I Ani Kristianingsih, SST., M.Kes, Wakil Rektor II Yenny Marthalena, SE., MM, Wakil Rektor III Dian Arif Wahyudi, S.Kep., Ners., MAN., para Dekan Universitas Aisyah Pringsewu.

Dengan adanya teknologi tepat guna dalam kebidanan, maka masyarakat akan mendapat kemudahan dalam menjaga kesehatan yang lebih efisien dan efektif. Akan tetapi pendayagunaan TTG dalam bidang kebidanan belum terwujud secara optimal. Salah satu kendala yang dihadapi dalam pendayagunaan TTG adalah kurangnya kreasi dan inovasi masyarakat dalam merancang, membangun, dan memanfaatkan TTG serta masih kurangnya usaha penyebaran informasi TTG dimasyarakat. Sehubungan dengan hal tersebut, dalam rangka pemberdayaan mahasiswa kebidanan melalui pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) kami berharap dapat menstimulus ide-ide TTG Kreasi Inovasi dalam bidang kebidanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat untuk menunjang pengembangan ilmu kebidanan khususnya di lingkungan Universitas Aisyah Pringsewu

Kaprodi D4 Kebidanan Eka Tri Wulandari, SST., M.Keb mengatakan, pihaknya selalu mendukung aktifitas positif para mahasiswa, apalagi kegiatan tersebut mempunyai tujuan yang positif, misal sebagai langkah strategis dalam penyebarluasan informasi berbagai teknologi tepat guna dalam Kebidanan, sebagai wadah untuk menjaring ide-ide TTG Unggulan Mahasiswa untuk menunjang pengembangan keilmuan Kebidanan, mendorong/memotivasi mahasiswa bidan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produknya melalui peameran TTG, meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat tentang perkembangan dan kemajuan teknologi dalam bidang Kebidanan dan manfaatnya dalam rangka peningkatan kesehatan masyarakat. (*na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *