UAP GELAR BAKSOS

IMG-20210119-0002
Berita Kampus Event

UAP GELAR BAKSOS

PRINGSEWU (UAP)”Dan tolong-menolong lah kamu dalam kebaikan dan ketakwaan. Dan janganlah tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwa lah kamu kepada Allah, sesungguhnya siksa Allah sangat berat.” (QS. Al-Maidah : 2).

Nilai kepedulian sosial itu penting keberadaannya bagi kehidupan manusia. Manusia merupakan makhluk individu dan makhluk sosial. Manusia sebagai makhluk individu artinya setiap manusia berhak atas milik pribadinya sendiri dan dapat disesuaikan dengan lingkungan sekitar. Sedangkan manusia sebagai mahkluk sosial mengandung makna bahwa setiap manusia tidak dapat hidup sendiri, melainkan saling membutuhkan antara manusia satu dengan yang lainnya. Manusia sebagai makhluk sosial tersebutlah yang menuntut manusia untuk hidup berdampingan dengan orang lain sehingga tercipta sebuah kondisi masyarakat yang saling tergantung antara satu dengan yang lain. Jadi dalam hal ini manusia memerlukan nilai kepedulian sosial untuk dapat menjalani kodratnya tersebut.

Terkait hal tersebut, perwakilan dosen Fakultas Kesehatan Universitas Aisyah Pringsewu yang terdiri dari Dr. Elsa Fitri Ana, S.Keb., Bd., M. Ked., Trop., Psiari Kusuma Wardani, S.ST., M.Kes., Nur Alfi Fauziah, S.ST., M.Tr.Keb., Riska Nur Suci Ayu, S.ST., M.Gz dan mahasiswa, Selasa (19/1) menggelar kegiatan bakti sosial (baksos) di Kecamatan Pardasuka Kabupaten Pringsewu dan Kecamatan Bulok Kabupaten Tanggamus.

Dr. Elsa Fitri Ana, S.Keb., Bd., M. Ked., Trop., selaku ketua kegiatan mengatakan, kegiatan bakti sosial merupakan salah satu wadah yang menampung kegiatan mahasiswa dalam rangka menjalin interaksi sosial dan membina ukhuwah secara langsung kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan ini diadakan juga untuk melatih mental, menumbukan kepekaan dan kepedulian mahasiwa terhadap sesama manusia.

Beliau menambahkan, tim juga memberikan penyuluhan tentang gizi seimbang serta pemberian contoh keaneragaman makanan dalam rangka memenuhi gizi yang seimbang, selain itu juga ada beberapa barang yang diberikan berupa sembako, pakaian layak pakai, uang.

Rektor Universitas Aisyah Pringsewu Hardono, S.Kep., Ners., M.Kep sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan, beliau mengatakan kegiatan yang dilakukan tersebut untuk mahasiswa “membentuk insan akademik unggul yang berlandaskan nilai-nilai akhlakul karimah”. Islam mengajarkan kepada kita untuk saling tolong-menolong terhadap sesama muslim, hal tersebut jelas tertulis dalam Al-Qur’an yang menyatakan bahwa kita harus tolong-menolong dalam mengerjakan kebaikan dan takwa dan jangan tolong menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan. Meringankan beban seorang muslim berarti berbuat kebaikan kepadanya, dan balasan kebaikan adalah kebaikan sebagaimana Allah SWT berfirman: “Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula)” (Q.S. Ar-Rahmaan : 60).

Beliau juga menegaskan, dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi terdapat pengabdian kepada masyarakat yang wajib dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa, Alhamdulillah kegiatan yang dilakukan dosen dan mahasiswa Universitas Aisyah Pringsewu dalam kegiatan baksos ini, merupakan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, tegasnya. (*na)

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat