UAP DAN IDI PRINGSEWU BERKOLABORASI MENGADAKAN WEBINAR

PRINGSEWU (UAP) – Universitas Aisyah Pringsewu bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Pringsewu menggelar seminar online dengan tema “Webinar Update On Covid-19”, Ahad (2/8).

Kegiatan webinar yang diselenggarakan atas kerjasama Universitas Aisyah Pringsewu dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Pringsewu tersebut menghadirkan pembicara Dr. dr. Retno Ariza Soeprihatini, S.SpP(K), FCCP, FISR topik “Update On Covid-19 : What’s New ?”, dr. Muhammad Nur, M.Sc., Sp.PK topik Diagnostic Test in Covid-19 (Laboratory) yang dimoderatori oleh dr. Didik Arief, Sp.PD (Ketua IDI Cabang Pringsewu).

Seminar Online ini diikuti oleh kurang lebih 362 orang praktisi kesehatan dari berbagai daerah di seluruh Indonesia dan dilakukan secara daring menggunakan aplikasi zoom. Selain itu ditayangkan secara live juga melalui akun Youtube UAP TV

Dr. dr. Retno Ariza Soeprihatini, S.SpP(K), FCCP, FISR selaku pembicara pertama melakukan sharing dan diskusi tentang apa yang baru tentang covid-19. Beliau menjelaskan terlebih dahulu latar belakang covid-19. Dalam paparannya beliau mengatakan, data per 1 Agustus 2020 Virus Corona telah menyebar ke beberapa belahan dunia (216 Negara) terkonfirmasi sebanyak 17.396.943 dan meninggal sebanyak 675.060. Untuk di Indonesia sendiri sebanyak 109.936 positif, sembuh 67.919 dan meninggal sebanyak 5.193. Beliau juga menjelaskan gambaran yang terjadi di Kabupaten Pringsewu.

Dr. dr. Retno Ariza Soeprihatini, S.SpP(K), FCCP, FISR menjelaskan adaptasi kebiasaan baru, penting memahami apa artinya dalam kehidupan sehari-hari. Adaptasi kebiasaan baru harus diterapkan di Tengah Pandemi COVID-19.

Diakhir materi Dr. dr. Retno Ariza Soeprihatini, S.SpP(K), FCCP, FISR memberikan kesimpulan : Diperlukan kerjasama yang erat antar Pemerintah, IDI, aparat dan instansi terkait dalam mereduksi kasus Covid 19, Pencegahan transmisi virus merupakan tindakan utama untuk mengurangi kasus Covid 19, Diperlukan kolaborasi antar profesi dalam menangani kasus Covid 19, Peran kebersihan diri dan peningkatan imunitas salah satu pencegahan Covid 19

Hardono, S.Kep., Ners., M.Kep., Rektor Universitas Aisyah Pringsewu mengatakan, dengan seminar online walau tidak bisa bertatap muka, namun bisa tetap menambah ilmu pengetahuan, dan Universitas Aisyah Pringsewu akan selalu siap untuk memfasilitasi seminar online. (*na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *