UAP DAN DUKCAPIL PRINGSEWU RESMIKAN APLIKASI SEWUATI

THUB_20201102_142220
Berita Kampus Event

UAP DAN DUKCAPIL PRINGSEWU RESMIKAN APLIKASI SEWUATI

PRINGSEWU (UAP) – Senin (2/11), Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Pringsewu (Nazri, S.H) yang didampingi Sekretaris Dukcapil (Sudarsih, S.E.) secara resmi luncurkan aplikasi SEWUATI (Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Informatif) / aplikasi online Sistem Informasi Dokumen Kependudukan yang turut dihadiri Sekretaris Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Pringsewu (Cicih Dani Asri, S.T., M.Si.) mewakili Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Pringsewu (Akhmad Fadoli, M.Si.), Kepala Dinas KominfoKabupaten Pringsewu (Drs. Samsir Kasim, M.Pd.), Dekan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu (Zulkifli, S.T., M.Kom.), Kaprodi Teknik Informatika Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu (Nur Aminudin, M.T.I), kepala Lembaga Penjaminan Mutu Internal Universitas Aisyah Pringsewu (Nopi Anggista Putri, S.ST., M.Keb.) dan beberapa Dosen Universitas Aisyah Pringsewu (Tahta Herdian A, M.T.I, Riska Nur Suci Ayu, S.ST.M.Gz).

Aplikasi SEWUATI (Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Informatif) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Pringsewu merupakan hasil kolaborasi dengan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu, dan aplikasi SEWUATI (Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Informatif).

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Pringsewu (Nazri, S.H) mengatakan, Aplikasi SEWUATI (Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Informatif) merupakan sebuah aplikasi untuk memfasilitasi pelayanan adminduk secara online pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu.

Untuk sementara Aplikasi SEWUATI (Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Informatif) untuk memfasilitasi pelayanan Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran terlebih dahulu, dan akan segera ditambahkan fasilitas pelayanan yang lain.

Pemerintah Kabupaten Pringsewu berkomitmen mempermudah pelayanan bagi masyarakat yang berusan dengan pemerintah. Komitmen tersebut disikapi langsung oleh Pemerintah Kabupaten Pringsewu melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, salah satunya mempermudah pelayanan adminduk secara online dengan diluncurkannya Aplikasi “SEWUATI”.

Beliau menegaskan, dengan diluncurkannya Aplikasi “SEWUATI” tersebut agar pelayanan kepada masyarakat dapat terus berjalan dengan baik, dan masyarakat merasa terus terlayani, untuk itu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu melakukan terobosan inovasi dengan layanan adminduk secara online hingga ke tingkat pekon.

Melalui aplikasi ini, masyarakat tidak perlu datang ramai-ramai ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu, masyarakat cukup dirumah saja, dikantor atau ditempatnya masing-masing, yang terpenting tentunya harus tersedia sinyal.

Pemerintah Kabupaten Pringsewu melalui Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Pringsewu (Nazri, S.H), menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu yang telah membangun aplikasi SEWUATI (Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Informatif) sebuah aplikasi untuk memfasilitasi pelayanan adminduk secara online pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu. Beliau berharap, sinergisitas tersebut dapat terbangun dengan baik dalam upaya pembangunan Pemerintah Daerah Pringsewu.

Kepala Dinas Kominfo (Drs. Samsir Kasim, M.Pd.) dalam sambutannya mengatakan, guna mendukung hal tersebut Dinas Kominfo menyediakan server sebagai tempat hosting Pusat Data, pemetaan kapasitas bandwidth terkait aplikasi SEWUATI (Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Informatif).

Sementara Rektor Universitas Aisyah Pringsewu (Hardono, S.Kep., M.Kep., Ners.) melalui Dekan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu (Zulkifli, S.T., M.Kom.) juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Pringsewu (Dinas Dukcapil Kabupaten Pringsewu) yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk membangun sebuah aplikasi SEWUATI (Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Informatif) sebuah aplikasi untuk memfasilitasi pelayanan adminduk secara online pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu.

Kesempatan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Pringsewu (Dinas Dukcapil Kabupaten Pringsewu) kepada kami merupakan salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari tiga poin penting yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sebagai kewajiban yang harus dilakukan oleh seluruh civitas akademika, terutama mahasiswa dan dosen.

Aplikasi SEWUATI sebagai wujud inovasi pelayanan publik tentu mampu memberikan manfaat kepada masyarakat sebagai penerima layanan. Adanya aplikasi SEWUATI masyarakat Kabaputen Pringsewu akan mendapatkan kemudahan karena mereka tidak perlu mendatangi langsung kantor Disdukcapil Kabupaten Pringsewu. Di samping itu, dengan adanya aplikasi SEWUATI dapat menghemat waktu dan biaya karena masyarakat Kabupaten Pringsewu tidak perlu datang dan mengantre di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Pringsewu.

Dekan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu (Zulkifli, S.T., M.Kom.) menyampaikan hal yang sama dengan Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Pringsewu (Nazri, S.H), bahwa Universitas Aisyah Pringsewu akan selalu siap bersinergi dengan baik dalam upaya pembangunan Pemerintah Daerah Pringsewu. (*na)

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat