UAP BERBAGI

PRINGSEWU (UAP) – Melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Aisyah Pringsewu membagikan paket sembako kepada anak yatim, warga kurang mampu di pekon Tambahkerto dan pekon Wonokriyo.

Sedikitnya ada 60 paket sembako yang sudah kita berikan. Kegiatan ini salah satu wujud kepedulian sosial Yayasan Aisyah Lampung melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Aisyah Pringsewu,” ujar Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dian Arif Wahyudi, S.Kep., Ners., MAN., Rabu (15/4).

Menurut beliau, agenda itu merupakan bentuk rasa kepedulian antar sesama kepada masyarakat di tingkat bawah atau masyarakat kurang mampu. Hal ini mengajarkan kita untuk saling peduli, mewujudkan rasa cinta kasih, dan saling menolong bagi mereka yang membutuhkan uluran tangan. Dalam kegiatan tersebut kita akan mendapatkan banyak pelajaran, terutama pada lingkungan masyarakat. Kita sebagai manusia memliki kewajiban untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Selain itu, kegiatan tersebut juga membantu pembentukan sikap dan kepekaan sosial dari diri kita. Banyak manfaatnya dalam kegiatan tersebut yang dilakukan mahasiswa Universitas Aisyah Pringsewu, seperti menambah wawasan dan pengetahuan sosial, membantu pembentukan sikap dan kepribadian seseorang, menumbuhkan rasa moralitas yang tinggi, menumbuhkan semangat untuk menemukan inspirasi baru, mengembangkan kepribadian dan rasa saling peduli, melatih jiwa kepemimpinan, dapat membentuk Emotional Intelegent Quotien (EQ) (Melatih kesabaran dan Emosi seseorang), dapat merasakan indahnya berbagi pada sesama, dapat memahami banyak hal dari diri sendiri yang bisa disyukuri daripada dikeluhkan, kita akan merasa bahagia ketika bisa memberi hal yang bermanfaat pada orang lain.

Beliau menegaskan, bahwa yang dilakukan mahasiswa Universitas Aisyah Pringsewu merupakan wujud dari nilai-nilai akhlakul karimah, sebagai sikap atau perbuatan baik yang seharusnya dilakukan oleh sesama manusia, sifat saling mencintai akan dibuktikan dengan saling tolong menolong dan tenggang rasa tegasnya.

Sementara Rektor Universitas Aisyah Pringsewu Hardono, S.Kep., Ners., M.Kep., mengatakan, akhlakul karimah dengan karakter memiliki makna yang sama yaitu perbuatan atau tingkah laku yang baik, apa yang dilakukan mahasiswa Universitas Aisyah Pringsewu salah satu menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah.

Islam adalah agama rahmat bagi umat manusia. Ia datang dengan membawa kebenaran dari Allah SWT dan dengan tujuan ingin menyelamatkan dan memberikan kebahagiaan hidup kepada manusia dimanapun mereka berada,.

Saya mengapresiasi kegiatan ini, dan memiliki tujuan untuk mempererat tali persaudaraan terhadap sesama. Selain itu untuk memupuk saling peduli dan saling membantu sesama makhluk Allah SWT.

Beliau menegaskan, berbagi itu artinya bersyukur atas nikmat Allah SWT. Jika kita bersyukur, maka Allah SWT akan menambah nikmatnya kepada kita. Tapi sebaliknya, jika kita ingkar atau tidak bersyukur, maka Allah SWT akan menurunkan adzabnya, tegasnya. (*na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *