TIM INOVASI UAP TERIMA KUNJUNGAN P2M

IMG-20210607-0001
Berita Kampus Event

TIM INOVASI UAP TERIMA KUNJUNGAN P2M

PRINGSEWU (UAP) – Pemerintah Kabupaten Pringsewu yang saat ini tengah membangun dan mengembangkan Sistem Teknologi Pelaporan Monitoring Pembangunan Pemerintahan dan Perencanaan Manusia (P2M), dimana pelaksanaan konsep e-Government sebagai target utamanya. Hal ini dibarengi dengan hadirnya e-Government tentunya akan melahirkan sebuah Pemerintahan yang efesien, efektif dan memiliki tingkat produktivitas yang tinggi serta transparan, dimana untuk semua itu peranan Teknologi Informasi adalah sebagai modal utama, baik dibidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia.

Terkait hal tersebut, Selasa (6/7) Zulkifli, S.T., M.Kom selaku Tim Inovasi Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) yang didampingi Dekan Fakultas Teknologi dan Informatiksa Agustinus Eko Setiawan, M.Kom., Kepala LPPM tingkat fakultas (FTI) Tahta Herdian Andika, M.T.I menerima kunjungan Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pringsewu Christianto Hariadinata Sani, S.H., M.H.

Kunjungan Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pringsewu Christianto Hariadinata Sani, S.H., M.H membahas terkait aplikasi yang akan dibangunnya, dimana proses Pelaporan Monitoring Pembangunan Kegiatan Penanggulangan Kemiskinan, Stunting, Pengarusutamaan Gender, Pangan dan Gizi dan SDG’s masih dilaksanakan secara manual.

Melihat kondisi tersebut BAPPEDA Kabupaten Pringsewu bermaksud membuat tool untuk Monev dalam bentuk elektronik (aplikasi) yang akan di gunakan sebagai wadah untuk proses pengolahan data secara elektronik untuk kemudahan, kecepatan dan akurasi data yang tepat dalam bentuk data yang terintegrasi dalam aplikasi dan dapat mengakomodir kebutuhan diseluruh OPD dengan cepat dan tanpa mengenal batasan tempat dan waktu secara online 24 Jam. Dalam dal proses Evaluasi dan monitoring Bappeda berfungsi untuk memantau capaian pelaksanaan program/kegiatan yang mendukung program terkait Pemerintahan dan Perencanaan Manusia (P2M) secara konsisten, efektif dan akurat.

Zulkifli, S.T., M.Kom., mengatakan, pentingnya peran serta dunia pendidikan tinggi dalam mendorong pembangunan tidak dapat dipungkiri lagi. Hal ini tercermin dalam pasal 20 UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Diknas) yang menyatakan bahwa salah satu dharma Perguruan Tinggi, selain pendidikan dan penelitian, adalah kegiatan pengabdian masyarakat. Selain itu, pasal 24 UU Diknas menyatakan adanya otonomi Perguruan Tinggi untuk mengelola sendiri lembaganya sebagai pusat penyelenggaraan pendidikan tinggi, penelitian ilmiah, dan pengabdian kepada masyarakat. Tri Dharma Perguruan Tinggi itu sendiri merupakan tiga pilar utama penyelenggaraan institusi perguruan tinggi.

Untuk itu, kami Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) wajib melaksanakan hal tersebut.

Beliau menegaskan, bahwa Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) siap untuk membangun Aplikasi Sistem Pelaporan Monitoring Pembangunan Pemerintahan dan Perencanaan Manusia (P2M), dimana aplikasi tersebut yang akan di gunakan sebagai wadah untuk proses pengolahan data secara elektronik untuk kemudahan, kecepatan dan akurasi data yang tepat dalam bentuk data yang terintegrasi dalam aplikasi dan dapat mengakomodir kebutuhan diseluruh OPD, untuk itu segera kami selesaikan, tegasnya. (*na)

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat