TAHTA HERDIAN ANDIKA DIDAPUK SEBAGAI KETUA PENGELOLA JURNAL UAP

Thub_Jurnal
Berita Kampus Event

TAHTA HERDIAN ANDIKA DIDAPUK SEBAGAI KETUA PENGELOLA JURNAL UAP

PRINGSEWU (UAP) – Pengelolaan jurnal ilmiah dalam rangka mencapai target utama menjadi jurnal ilmiah yang terakreditasi nasional, jurnal yang bereputasi internasional memerlukan sistem manajemen dan pengelolaan jurnal yang efektif dan efisien. Sistem manajemen dan pengelolaan jurnal ini harus mengacu kepada instrumen‐intrumen dan kriteria‐kriteria yang disyaratkan oleh lembaga akreditasi jurnal nasional dan lembaga pengindeks internasional. Yang lebih penting lagi adalah bahwa artikel ‐ artikel dari jurnal harus dipublikasi secara daring (sebaiknya fulltext dalam format PDF). Keharusan mengunggah artikel terbitan berkala ilmiah dalam jaringan sudah diatur dalam Surat Edaran Dirjen DIKTI No. 2050/E/T/2011 tentang Kebijakan Unggah Karya Ilmiah dan Jurnal. Dengan dipublikasi secara daring terhadap artikel dari suatu terbitan berkala ilmiah, maka artikel tersebut akan sangat mudah diakses oleh pembaca baik di Indonesia maupun di dunia. Lebih menguntungkan lagi, dampak ilmiah berupa rujukan dari artikel jurnal lainnya bisa diperoleh dengan mudah karena adanya versi daring tersebut.

Terkait hal tersebut, Senin (25/1) Kepala Unit Bisnis Universitas Aisyah Pringsewu Sutrisno, S.Kep., Ners., MAN memberikan Amanah kepada Tahta Herdian A, M.T.I sebagai ketua pengelola jurnal Universitas Aisyah Pringsewu.

Tahta Herdian A, M.T.I yang didapuk sebagai ketua pengelola jurnal Universitas Aisyah Pringsewu mengatakan, ini merupakan sebuah amanah besar yang saya emban, harus seiring sejalan bagaimana kita harus menentukan langkah-langkah strategis bersama tim untuk kemajuan jurnal Universitas Aisyah Pringsewu kedepan.

Tahta panggilan akrabnya menegaskan, bahwa jurnal ilmiah adalah ruh dari eksistensi sebuah perguruan tinggi. Indikasi kemajuan sebuah perguruan tinggi salah satunya diukur melalui kemampuannya dalam pengelolaan dan manajemen jurnal ilmiah. Tentu saja, kualitas pengelolaan jurnal juga harus diimbangi dengan penelitian aktif oleh para dosen yang hasilnya dipublikasikan melalui junal bereputasi, baik nasional maupun internasional, saya harap kita sebagai pengelola jurnal Universitas Aisyah Pringsewu bisa terus semangat dan semakin aktif dalam memajukan jurnal ilmiah kita, tegas Tahta. Menurutnya, aspek jurnal ilmiah / berkala ilmiah adalah salah satu aspek penting yang dapat mendongkrak kualitas sebuah institusi perguruan tinggi.

Sementara Rektor Universitas Aisyah Pringsewu Hardono, S.Kep., Ners., M.Kep beserta jajarannya mengucapkan selamat bertugas untuk Tahta Herdian A, M.T.I, semoga amanah yang diemban tersebut membawa kemajuan untuk Universitas Aisyah Pringsewu tercinta.

Sementara Zulkifli, S.T., M.Kom., selaku Ketua Senat Universitas Aisyah Pringsewu sangat mengapresiasi terpilihnya ketua pengelola jurnal Universitas Aisyah Pringsewu Tahta Herdian A, M.T.I, beliau mengatakan, perlunya sikap aktif dalam mengirim publikasi jurnal ilmiah haruslah dimiliki semua dosen Universitas Aisyah Pringsewu. Saat ini, salah satu poin penting dalam menjalankan fungsi Tridharma Perguruan Tinggi oleh dosen adalah melaksanakan penelitian dan mempublikasikan hasil pemikiran serta analisisnya. (*na)

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat