SOSIALISASI KRS ONLINE
PRINGSEWU (UAP) – Penerapan aplikasi sistem informasi akademik (SIAKAD) telah diterapkan di universitas. SIAKAD adalah suatu sistem yang dibangun untuk mengelola data-data akademik, sehingga memberikan kemudahan kepada pengguna dalam kegiatan administrasi akademik kampus secara online.
Sebagai Universitas pertama di Pringsewu telah menggunakan SIAKAD dalam pengelolaan administrasi akademik. Tim ICT dan Pusat Data Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) menggelar sosialisasi penerapan aplikasi sistem informasi akademik (SIAKAD) kepada mahasiswa-mahasiswi baru terkait KRS Online dilingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Sosial dan Bisnis, Fakultas Kesehatan, Selasa (23/8).
Pemateri sosialisasi penerapan aplikasi sistem informasi akademik (SIAKAD) kepada mahasiswa-mahasiswi baru terkait KRS Online dilingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Sosial dan Bisnis disampaikan oleh Agustinus Eko Setiawan, M.Kom Tim ICT dan Pusat Data dan Ockhy Jey Fhiter Wassalam, M.Kom Dosen S1 Rekayasa Perangkat Lunak.
Sementara untuk pemateri dilingkungan Fakultas Kesehatan disampaikan oleh Dr. (Can) Zulkifli, M.Kom., Tahta Herdian Andika, M.T.I, Imam Samsudin, S.Kom selaku Tim ICT dan Pusat Data.
Dr. (Can) Zulkifli, M.Kom selaku ketua Tim ICT dan Pusat Data mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk menunjang dan memudahkan baik itu mahasiswa dalam pengisian KRS maupun pengelolaan data mahasiswa.
SIAKAD memudahkan proses akademik Universitas Aisyah Pringsewu (UAP), selain itu juga mahasiswa dapat melakukan pengisian KRS dimana saja, data mahasiswa juga dapat dikirim dengan mudah. Dengan penggunaan SIAKAD ini mencerminkan tata kelola kampus yang baik, mudah dalam pencarian data, penginputan data.
Beliau juga menyampaikan, diaplikasi SIAKAD tersedia menu-menu yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan (kotak merah). Lalu ada nama, foto profil dan informasi IPK (kotak kuning). Dan terdapat informasi mata kuliah yang sedang/telah Anda ambil (kotak biru).
Menu “Kuisioner” berguna untuk memberikan penilaian terhadap Dosen, Perpustakaan, UAK, Keuangan, Laboratorium, UPPM, Satpam, Parkir, dan Cleaning Service. Anda dapat memberikan penilaian terhadap pegawai tersebut dengan klik menu Kuisioner – dan pilih submenu yang tersedia seperti gambar dibawah ini.
Menu “Mata Kuliah Yang Ditawarkan” berfungsi untuk menampilkan semua mata kuliah yang ada pada Program Studi Anda beserta dengan kode mata kuliah, jumlah SKS dan dosen pengampu.
Pada menu “Mahasiswa” terdapat 2 Submenu. Yaitu submenu “Isi KRS” yang berfungsi untuk mengisi KRS (Kartu Rencana Studi). Dan submenu “KHS” yang berfungsi melihat KHS (Kartu Hasil Studi).
Untuk mengisi KRS Klik menu “Isi KRS” lalu akan tampil semua mata kuliah yang bisa diambil. Klik “Ambil” pada mata kuliah yang ingin diambil, dtsnya. (*na)