SERAH TERIMA MAHASISWA UAP

IMG-20190706-0010
Berita Kampus

SERAH TERIMA MAHASISWA UAP

PRINGSEWU (UAP) – Praktik Klinik adalah kegiatan wajib bagi mahasiswa Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) fakultas kesehatan. Kegiatan tersebut diawali dengan serah terima praktik Klinik kebidanan, yaitu serah terima mahasiswa/i Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) kepada pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sukadana yang beralamat di Mataram Marga, Sukadana, Kabupaten Lampung Timur, yang diadakan di ruang aula, Sabtu (6/7).

Serah terima mahasiswa praktik klinik kebidanan Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) oleh Siti Maesaroh, SST., M.Kes dan Eka Tri Wulandari, SST., M.Keb selaku Kaprodi D4 Kebidanan mewakili Rektor Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) Hardono, S.Kep., Ners., M.Kep. Serah terima tersebut diterima oleh Untung Supeno, M.Kes mewakili Direktur RSUD Sukadana.

Eka Tri Wulandari mengatakan, bidan merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan di masyarakat. Demi tercapainya kompetensi bidan, khususnya peran bidan dalam melaksanakan asuhan kebidanan pada ibu hamil, bersalin baik yang berisiko atau mengalami kelainan serta komplikasi, asuhan kebidanan pada kasus-kasus gangguan sistem reproduksi dan onkologi reproduksi, asuhan kebidanan pada kasus-kasus infertilitas, asuhan kebidanan pada akseptor KB, asuhan kebidanan wanita dengan gangguan sistem uroginekologi, dan asuhan kebidanan pada neonatus, bayi dan balita sesuai dengan ruang lingkup kewenangan mandiri, kemitraan/kolaborasi atau rujukan.

Untuk itu praktik klinik kebindanan merupakan bagian dari proses belajar mengajar, yang diharapkan mahasiswa Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) dapat menerapkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan secara nyata sebagai seorang bidan yang memberikan pelayanan sesuai dengan standar praktik kepada pasien sehingga akan tercipta tenaga bidan klinik profesional yang bermutu.

Eka menegaskan, agar mahasiswa Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) dapat memberikan asuhan dengan baik, mahasiswa harus melakukan praktik klinik kebidanan. Melalui praktik klinik kebidanan ini mahasiswa dapat berlatih untuk mengembangkan dan memadukan pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang akan diperlukan dalam kehidupan profesional sehingga siap sepenuhnya dalam praktik sebagai bidan yang kompeten dalam kewenangannya.

Oleh sebab itu dibutuhkan lahan praktik untuk mengaplikasikan semua ilmu yang diperoleh secara teori dan diharapkan untuk mengaplikasikan semua ilmu yang diperoleh secara teori dan diharapkan mahasiswa Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) mampu melakukan penggalian dan transfer ilmu dari lahan praktik, sehingga mahasiswa Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) mampu memberikan inovasi-inovasi dibidang pendidikan kesehatan.

Eka menambahkan, selain pelaksanaan serah terima mahasiswa praktik klinik kebidanan Universitas Aisyah Pringsewu (UAP), Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) juga melakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dengan RSUD Sukadana. (*na)

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat