RIBUAN PESERTA MENGIKUTI WEBINAR UAP

PRINGSEWU (UAP) – Pembelajaran secara daring atau online learning merupakan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan perangkat komputer atau gadget yang saling berhubungan dimana guru dan siswa berkomunikasi secara interaktif dengan memanfaatkan media komunikasi dan informasi. Pembelajaran ini sangat bergantung dengan koneksi jaringan internet yang menghubungkan antar perangkat guru dan para siswa.

Guru dituntut untuk mampu merancang atau mendesain pembelajaran daring yang ringan dan efektif, dengan memanfaatkan perangkat atau media daring yang tepat dan sesuai dengan materi yang diajaarkan. Walaupun dengan pembelajaan daring akan memberikan kesempatan lebih luas dalam mengeksplorasi materi yang akan diajarkan, namun guru harus mampu memilih dan membatasi sejauh mana cakupan materinya dan aplikasi apa yang cocok pada materi dan metode belajar yang digunakan. Jangan sampai guru terlalu memaksakan sebuah aplikasi yang ditengarai kekinian dan keren, namun sangat tidak sesuai dengan tujuan awal dari sebuah pembelajaran daring, yaitu untuk mempermudah siswa mendapat pembelajaran atau pendidikan dalam situasi pandemi covid-19 ini.

Dalam rangka milad yang pertama, Universitas Aisyah pringsewu kembali mengadakan webinar “Menyusun Materi Pembelajaran Daring Yang Kreatif” dengan pembicara Timbul Pardede (Trainning Expert Seameo Seamolec) yang dimoderatori oleh Wisnu Probo Wijayanto, S.Kep., Ners., MAN selaku Ka. Prodi Profesi Ners Fakultas Kesehatan Universitas Aisyah Pringsewu. Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Rektor Universitas Aisyah Pringsewu Hardono, S.Kep., Ners., M.Kep, Selasa (23/6).

Rektor Universitas Aisyah Pringsewu Hardono, S.Kep., Ners., M.Kep., mengatakan, bahwa kegiatan semacam ini sangat bermanfaat bagi peningkatan mutu pengetahuan bagi guru, dosen dan para pendidik dalam penyusunan materi pembelajaran dimasa pandemik covid-19 yang hampir seluruhnya dilakukan secara daring.

Beliau berharap, kegiatan-kegiatan semacam ini dapat terus berjalan secara rutin dan terbentuk komunikasi yang baik diantara sesama tenaga pendidik. Selain sebagai ajang untuk sama-sama meningkatkan kualitas keilmuan masing-masing peserta, juga dapat juga sebagai ajang silaturahmi dan tukar informasi.

Universitas Aisyah Pringsewu sendiri saat ini sedang berbenah untuk meningkatkan mutu institusi diantaranya dengan meningkatkan kompetensi SDM baik itu mahasiswa maupun dosen sesuai dengan bidang keilmuan dan kepakaran masing-masing.

Ketua panitia Milad Universitas Aisyah Pringsewu yang pertama, Hamid Mukhlis menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh panitia dan peserta yang telah mensukseskan kegiatan ini. Masih ada beberapa kegiatan webinar yang akan diselenggarakan oleh Universitas Aisyah Pringsewu dengan topik yang sangat menarik untuk diikuti.

Beliau menegaskan, selain kegiatan webinar, Milad Universitas Aisyah Pringsewu yang pertama ini juga akan menggelar dengan berbagai macam perlombaan tingkat nasional, seperti lomba poster, video animasi dan juga lomba photografi, tegasnya. (*na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *