PROGRAM PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) TINGKAT LANJUT

IMG-20211119-0001
Berita Kampus Event

PROGRAM PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) TINGKAT LANJUT

PRINGSEWU (UAP) – Pemanfaatan teknologi dalam proses penyampaian informasi mengalami perkembangan pesat. Salah satu teknologi tersebut adalah Augmented Reality (AR). Augmented Reality (AR) atau dalam Bahasa Indonesia disebut Realitas tertambah merupakan teknologi yang menggabungkan objek virtual 3D ke dalam sebuah lingkungan nyata. Pada teknologi AR, pengguna dapat menvisualisasikan objek dalam bentuk 3 dimensi. AR memiliki kelebihan bersifat interaktif dan real time sehingga banyak diimplementasikan di berbagai bidang. AR bekerja berdasarkan deteksi citra marker/penanda. Prinsip kerja AR adalah kamera yang telah dikalibrasi akan mendeteksi marker yang dibidik. Kemudian setelah mengenali dan menandai pola marker, aplikasi dapat menampilkan informasi tambahan berupa objek, 3D, video, suara, dan teks pada suatu objek. Dengan kondisi ini, AR berpeluang dapat digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran yang menarik berbasis mobile dengan sistem operasi android.

Didunia pendidikan, AR dugunakan sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan suatu alat perantara antara pendidik dengan peserta didik dalam pembelajaran yang mampu menghubungkan, memberi informasi, dan menyalurkan pesan sehingga tercipta proses pembelajaran yang efektif dan efisien.

Berdasarkan hal tersebut, Universitas Aisyah Pringsewu dan SEAMEO SEAMOLEC mengadakan Pelatihan “Program Pendampingan Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) Tingkat Lanjut“ selama dua hari, tanggal 19 – 20 Nopember 2021.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Rektor Universitas Aisyah Pringsewu Wisnu Probo Wijayanto, S.Kep.,Ners., MAN. Dalam kesempatan tersebut ia menyampaikan melalui pelatihan ini diharapkan para peserta dapat mengembangkan media pembelajaran berbasis AR dan desain buku marker AR sebagai pembelajaran hyper content dengan mengintegrasikan konsep pembelajaran STEAM (Sains, Teknologi, Art, Matematika). Sebagai narasumber kegiatan ini Tim SEAMEO SEAMOLEC. (*na)

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat