PRODI S1 KEPERAWATAN SELENGGARAKAN PELATIHAN OSCE

Image 2022-05-23 at 10.37.34
Berita Kampus Event

PRODI S1 KEPERAWATAN SELENGGARAKAN PELATIHAN OSCE

PRINGSEWU (UAP) – Objective Structured Clinical Examination (OSCE) merupakan system assessment untuk menilai kompetensi dan keterampilan klinis mahasiswa secara objektif dan terstruktur sehingga diperoleh nilai komponen kompetensi klinik. Keunggulan OSCE yaitu valid, reliable serta setting klinik yang nyata dan menarik. Berbagai keterampilan klinis kompetensi keperawatan yang diujikan dalam waktu relatif singkat. Secara objective setting kompetensi sesuai standar. Variasi antara pasien dan penguji serta format OSCE bersifat fleksibel. Selain itu pengamatan secara langsung pada tiap mahasiswa secara terstruktur, terencana dan feasibility.

Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) berkomitmen untuk selalu melakukan perbaruan khususnya dibidang pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan keperawatan, oleh karena itu, Program Studi Keperawatan dan Profesi Ners Fakultas Kesehatan (FKes) Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) mengadakan pelatihan Objective Structured Clinical Examination (OSCE) pada Rabu-Kamis (23-26/5) bertempat di Aula Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) Jl. Raya A. Yani No. 1A Tambahrejo Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Dekan Fakultas Kesehatan Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) Ikhwan Amiruddin, S.Kep., Ners., M.Kep.

Ketua panitia pelatihan Feri Agustriyani, S..Kep., Ners., M.Kep mengatakan, pelatihan diharapkan dapat memantapkan pengetahuan dan kemampuan dosen dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa sehingga menghasilkan alumni yang professional. pelatihan metode OSCE ini mencakup konsep OSCE, blueprint uji kompetensi, tehnik penyusunan dan review soal OSCE, tehnik pengujian OSCE, tehnik melatih pasien standar, penetapan batas nilai kelulusan, proses ujian OSCE serta strategi pengembangan OSCE.

Beliau berharap, dalam kegiatan pelatihan ini bisa berdampak terhadap kemampuan dosen untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa sehingga dapat menghasilkan alumni yang berprofesional. (*na)

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat