PRODI PROFESI NERS SELENGGARAKAN PELATIHAN PRECEPTORSHIP

Image 2022-05-23 at 10.37.34
Berita Kampus Event

PRODI PROFESI NERS SELENGGARAKAN PELATIHAN PRECEPTORSHIP

PRINGSEWU (UAP) – Keperawatan memiliki peran yang penting dalam sistem kesehatan. Proses mempersiapkan SDM keperawatan merupakan proses yang kompleks dan tidak mudah. Proses pembelajaran pada pendidikan keperawatan melibatkan berbagai pihak tidak hanya institusi pendidikan namun juga wahana praktik baik rumah sakit, Puskesmas dan masyarakat. Pandemi Covid-19 yang melanda dunia semakin menunjukkan kebutuhan sistem kesehatan akan tenaga perawat. Kondisi pandemic Covid-19 ini juga menjadi tantangan bagi proses pembelajaran pada pendidikan keperawatan.

Perawat sebagai tenaga kesehatan tidak terlepas dari pengaruh adanya peningkatan tuntutan dari masyarakat. Oleh karena itu, pelayanan keperawatan sebagai bagian integral dari pelayanan kesehatan perlu di upayakan pengembangannya. Salah satu tercapainya perawat yang professional dan berkualitas ialah bergantung pada peran preceptor atau pembimbing klinik dalam memberikan bimbingan kepada calon perawat. Perceptor memiliki peran penting yang luar biasa dalam membimbing, mengawasi dan memfasilitasi mahasiswa di lahan praktek.

Oleh karena itu dalam meningkatkan kemampuan para preceptor, Program Studi Keperawatan dan Profesi Ners Fakultas Kesehatan (FKes) Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) mengadakan pelatihan preceptorship dengan melibatkan klinik rumah sakit yang digunakan sebagai lahan praktik mahasiswa Profesi Ners pada Rabu-Kamis (23-26/5) bertempat di Aula Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) Jl. Raya A. Yani No. 1A Tambahrejo Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Dekan Fakultas Kesehatan Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) Ikhwan Amiruddin, S.Kep., Ners., M.Kep. Beliau menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada peserta yang berkenan mengikuti kegiatan untuk meningkatkan kompetensinya. Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada preceptor yang membantu kami mencetak calon perawat yang berkualitas dan selalu memberikan bimbingan kepada mahasiswa Universitas Aisyah Pringsewu (UAP).

Ketua panitia pelatihan Rini Palupi, S.Kep., Ners., M.Kep mengatakan, pelatihan preceptorship (bimbingan di klinik) bertujuan untuk meningkatkan kualitas para preceptor sehingga akan berdampak pada peningkatan knowledge, skill dan attitude yang sangat baik pada mahasiswa yang dibimbingnya saat praktek di rumah sakit.

Beliau menegaskan, Ilmu klinik selalu berkembang sehingga para pembimbing yang juga karyawan rumah sakit perlu selalu update ilmunya untuk memberi bimbingan pada mahasiswa calon profesi perawat (Ners), tegas Rini. (*na).

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat