PEMBEKALAN MATA UAP

PEMB_THUBNAIL
Berita Kampus Event

PEMBEKALAN MATA UAP

PRINGSEWU (UAP) – Senin (26/8) jam 08.00 WIB s/d selesai, Panitia Masa Ta’aruf Universitas Aiyah Pringsewu (MATA UAP) melaksanakan pembekalan Masa Ta’aruf 2019 bagi mahasiswa mahasiswi baru 2019/2020 bertempat di Aula Universitas Aisyah Pringsewu.

Ketua pelaksana Masa Ta’aruf Universitas Aisyah Pringsewu (MATA UAP) Nur Aminudin mengatakan, diadakannya pembekalan masa ta’aruf mahasiswa mahasiswi baru UAP agar mahasiswa mahasiswi baru memahami kegiatan tersebut serta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan tertib. Pelaksanaan MATA UAP pada hari Rabu s/d Sabtu, 28 s/d 31 Agustus 2019.

Nur Aminudin menegaskan, MATA UAP merupakan kelengkapan non-struktural pada kampus, MATA UAP berfungsi sebagai orientasi bagi mahasiswa baru untuk memasuki dunia perguruan tinggi yang berbeda dengan belajar di sekolah lanjutan, Mahasiswa baru dapat berkomunikasi dengan civitas akademika, bertujuan membekali mahasiswa baru agar mengenal dan mengetahui lingkungan pembelajaran di perguruan tinggi serta memahami proses penyelenggaraan pendidikan di perguruan tinggi yakni proses menyeluruh yang menyangkut studi, peraturan-peraturan dalam menempuh studi, serta berorganisasi dan berinteraksi dengan lingkungan. Tema kegiatan Masa Ta’aruf Universitas Aisyah Pringsewu (MATA UAP) 2019 “Membentuk Generasi BEDA yang Beraklakul Karimah.”

Wakil Rektor III Dian Arif Wahyudi selaku penanggungjawab MATA UAP mengatakan, jenjang pendidikan di Indonesia memiliki berbagai tingkatan. Sistem pendidikan di perguruan tinggi memiliki perbedaan yang mendasar dibandingkan dengan jenjang pendidikan sebelumnya. Perguruan tinggi menuntut adanya pola pikir yang objektif dan ilmiah serta inisiatif untuk bertinddak secara mandiri. Kerangka berpikir yang demikianlah yang sangat dibutuhkan untuk kelangsungan jiwa leadership anak bangsa. Dari sini para tenaga pendidik dan mahasiswa Universitas Aisyah Pringsewu mempunyai kewajiban yang sama untuk mencoba membuka wacana yang bernuansa akademis dan islami bagi mahasiswa lama umumnya dan mahasiswa baru khususnya melalui “masa orientasi kampus” atau yang sering disebut sebagai “Masa Ta’aruf”. Dengan harapan tersebut, Universitas Aisyah Pringsewu-Lampung akan melaksanakan Masa Ta’aruf Universitas Aisyah Pringsewu (MATA-UAP) dengan tujuan untuk lebih mengenalnya mahasiswa dalam mengaplikasikan Tridarma perguruan tinggi (Penelitian, pengabdian dan pendidikan), ucapnya.

Sementara Rektor Universitas Aisyah Pringsewu Hardono berharap, pada kegiatan MATA UAP yang akan dilaksanakan, mahasiswa baru dapat menjadi mahasiswa yang mampu untuk menerapkan nilai-nilai akhlakul karimah dalam setiap sendi-sendi kehidupan, beliau juga mengatakan kegiatan MATA UAP 2019 ini merupakan hari bersejarah bagi semua calon mahasiswa baru.

Dengan demikian MATA UAP merupakan salah satu upaya untuk membekali mahasiswa baru sebelum menempuh proses perkuliahan. MATA UAP mempunyai peran yang sangat penting bagi penyiapan proses perkuliahan yang sesungguhnya di pendidikan tinggi, Selain itu, melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat mulai memahami, menghayati dan mengamalkan aturan-aturan yang berlaku di kampus. MATA UAP adalah kegiatan orientasi bagi mahasiswa baru untuk memperkenalkan tentang kurikulum pendidikan di Kampus Universitas Aisyah Pringsewu, serta mengenal lebih dekat para dosen, serta antar mahasiswa baru serta organisasi kemahasiswaan di lingkungan kampus. (*na)

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat