MEMBANGUN MINDSET ENTREPRENEUR GENERASI Z DI ERA INDUSTRI 4.0

PRINGSEWU (UAP) – Gempuran era digital dan revolusi industri 4.0 sudah pasti tidak bisa dibendung lagi. Pilihannya tinggal, kita bisa bertahan hidup di era teknologi canggih atau punah? Karena itu, penting bagi kita dan kaum milenial untuk membangun karakter kewirausahaan atau entrepreneurship. Tujuannya sederhana, agar membangun mindset pemuda berakhlak mulia, mandiri secara ekonomi, memiliki jiwa wirausaha dan semangat pejuang dalam menjalani kehidupan serta mampu meningkatkan taraf ekonomi dan mampu memberikan nilai ekonomis kepada masyarakat.

Dosen, Staff Universitas Aisyah Pringsewu dalam rangka menjalankan salah satu tugas pokok Tri Darma perguruan tinggi mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan siswa-siswi SMK Yasmida Ambarawa dengan memberikan materi kegiatan berupa Seminar “Membangun Mindset Enterpreneur Generasi Z. Di Era Industri 4.0”. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diadakan pada hari Selasa 7 Januari 2020 yang disampaikan oleh Sutrisno, S.Kep., Ners., MAN. Para peserta begitu antusias mengikuti kegiatan ini.

Sutrisno mengatakan, mindset positive merupakan modal untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan hidup. Jangan anggap remeh cara berpikir dan pandangan hidup kita, karena dari sanalah kehidupan kita akan ditentukan selanjutnya. Membangun mindset positive merupakan kunci penting untuk bisa sukses. Pemikiran atau prinsip dan pandangan akan mempengaruhi kita dalam mengambil tindakan dan keputusan.

Beliau menambahkan, melalui kegiatan ini diharapkan siswa-siswi SMK Yasmida Ambarawa memiliki kemampuan individu dalam menciptakan peluang ekonomis dari sebuah ide usaha baik skala kecil maupun skala besar. Di era revolusi industri 4.0, sangat penting membangun karakter bisnis atau entrepreunership siswa. Agar mereka memiliki kesadaran mengubah budaya kerja “mencari kerja” menjadi budaya “menciptakan kerja dan lapangan kerja”. Spirit enterprenuer harus ada di dalam diri siswa-siswi SMK Yasmida Ambarawa, ucapnya. (*na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *