LPMI UAP KEMBALI LAKUKAN AUDIT INTERNAL DI SEMUA PRODI

Thub_LPMI
Berita Kampus Event

LPMI UAP KEMBALI LAKUKAN AUDIT INTERNAL DI SEMUA PRODI

PRINGSEWU (UAP) – LPMI Universitas Aisyah Pringsewu melakukan kegiatan audit internal pembelajaran semester ganjil tahun akademik 2020/2021 ketiga fakultas yakni Fakultas Kesehatan, Fakultas Teknologi dan Informatika, Fakultas Sosial dan Bisnis.

Nopi Anggista Putri, S.ST., M.Keb., selaku kepala Lembaga Penjaminan Mutu Internal mengatakan, kegiatan yang kami lakukan ini merupakan kegiatan monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh LPMI berkoordinasi dengan fakultas terkait. Kegiatan audit ini dilengkapi dengan berita acara, laporan kegiatan, daftar hadir serta check list kelengkapan bukti fisik yang dipegang masing-masing oleh Fakultas dan atau program studi dan personil LPMI yang bertugas.

Sebagai siklus implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Universitas Aisyah Pringsewu maka kegiatan monitoring dan evaluasi dilakukan secara berkala dan berkelanjutan. Salah satu monitoring dan evaluasi yang dilakukan adalah melalui Audit Mutu Internal oleh tim auditor internal. Tim Audit Mutu Internal merupakan tim dibawah koordinasi Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI).

Beliau menegaskan, mutu Universitas Aisyah Pringsewu adalah adanya tingkat kesesuaian antara penyelenggaraan pendidikan tinggi dengan standar pendidikan tinggi dan standar yang ditetapkan oleh perguruan tinggi. Untuk melihat kesesuaian tersebut dilakukan Audit Mutu Internal yang merupakan kegiatan dalam rangka meningkatkan mutu perguruan tinggi terutama mutu secara berkelanjutan yang prosesnya melalui penilaian secara sistematik, mandiri, dan terdokumentasi. Audit Mutu Internal dapat dikatakan sebagai evaluasi diri dan sebagai bentuk persiapan dalam rangka dievaluasi oleh pihak eksternal seperti BAN PT maupun lembaga akreditasi lainnya. Karenanya evaluasi diri perlu disiapkan dengan tahapan yang benar serta analisis yang memadai agar menghasilkan rekomendasi dalam peningkatan mutu tepat sasaran.

Hasil audit internal ini akan dianalisis oleh LPMI, dengan harapan bahwa hasil audit internal ini akan memberikan gambaran sejauh mana pencapaian standar di masing-masing prodi dan yang terlebih penting diharapkan hasil audit internal ini akan dijadikan sebagai bahan masukan serta bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan untuk tahun yang akan dating. (*na)

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat