LLDIKTI WILAYAH II GELAR RAKER PIMPINAN PERGURUAN TINGGI SWASTA

LAMPUNG (UAP) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) telah meluncurkan Program Kampus Merdeka yang merupakan bagian dari konsep Merdeka Belajar. Program itu bertujuan mendorong proses pembelajaran yang semakin otonom dan fleksibel.

Jum’at (13/11), Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II menggelar Rapat Kerja Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II. Rapat Kerja Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta tersebut digelar di Hotel Novotel Lampung Jalan Gatot Subroto No. 136 Bumi Waras Bandar Lampung dan bisa disaksikan secara Live Streaming di UAP TV.

Peliputan selama kegiatan Rapat Kerja Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II dilakukan secara resmi oleh UAP TV (Universitas Aisyah Pringsewu).

Kegiatan tersebut diawalai dengan Pembukaan, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Do’a, Sambutan Kepala LLDIKTI Wilayah II, Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sekaligus membuka acara dan membuka launcing aplikasi DiTES, aplikasi SIKITO.

Dalam sambutannya, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah II Prof. Yuliansyah, S.E., M.S.A., Ph.D., Akt., CA mengatakan, rapat kerja ini merupakan agenda rutin LLDIKTI Wilayah II. Rapat Kerja Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II dihadiri kurang lebih 205 pimpinan perguruan tinggi swasta dari empat Provinsi, yaitu Provinsi Sumatera Selatan sebanyak 102 orang, Lampung sebanyak 73 orang, Bengkulu sebanyak 14 orang, Kepulauan Bangka Belitung sebanyak 16 orang.

Rapat Kerja Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II Insya’Allah berlangsung selama 2 hari. Rapat kerja pimpinan tersebut dibuka oleh Mas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim yang dalam hal ini diwakili oleh Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D.

Pada Rapat Kerja Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D. memberikan materi mengenai Kebijakan Dirjen Pendidikan Tinggi Berorientasi Kampus Merdeka, Merdeka Belajar Menuju Indonesia Jaya.

Dilanjutkan sambutan dan pembukaan secara resmi Rapat Kerja Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam hal ini diwakili oleh Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan pesan dari Mas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, bahwa beliau mengapresiasi kepada semuanya, atas upaya selama ini untuk tetap menyelenggarakan Pendidikan tinggi dimasa yang penuh dengan tantangan dimasa pandemic covid-19 ini. Beliau juga menyampaikan salam hormat kepada seluruh pimpinan perguruan tinggi, Prof. Yuliansyah, S.E., M.S.A., Ph.D., Akt., CA Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah II, Nuril Furkan selaku Sekretaris Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah II.

Dalam kesempatan tersebut, beliau menyampaikan beberapa hal, transformasi Pendidikan tinggi kita yang terjadi begitu cepat dengan kondisi pandemic kemarin Alhamdulillah kita lewati satu semester dan kita memasuki semester baru yang mungkin sudah berjalan yang sudah masuk tengah semester.

Selama pandemic ini kami mengapresiasi atas kerja keras para pimpinan perguruan tinggi swasta untuk tetap bisa memberikan layanan yang terbaiknya kepada para mahasiswanya meskipun kita tahu kondisi sangat tidak menguntungkan. Beliau juga mengapresiasi atas respon yang sangat cepat setiap kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, terutama kebijakan yang terkait dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Ini adalah satu keniscayaan ditengah perubahaan yang sangat cepat sekali kita hadapi bersama-sama, kita memang harus berani berubah keluar dari zona nyaman dengan berorientasi atau melakukan transformasi cepat kemasa depan. (*na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *