LAUNCHING APLIKASI UMKM KABUPATEN PRINGSEWU

IMG-20220125-0022
Berita Kampus Event

LAUNCHING APLIKASI UMKM KABUPATEN PRINGSEWU

PRINGSEWU (UAP) – Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu dan Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) resmi melaunching aplikasi untuk memasarkan produk UMKM Kabupaten Pringsewu secara online dan terintegrasi sistem di Aula Universitas Aisyah Pringsewu (UAP), Jl. A Yani No. 1 A Tambah Rejo, Wonodadi, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, Lampung 35372, Selasa (25/1).

Kegiatan dihadiri Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Bambang Suharmanu, S.Sos., Kabid Koperindag Debit Z., Heti Susilo Dinas Kesehatan, Niken Dwi Larasati Dinas Kesehatan, Rektor Universitas Aisyah Pringsewu Wisnu Probo Wijayanto, S.Kep.,Ners., MAN, Wakil Rektor II Yenny Marthalena, M.M., Ketua Tim Inovasi Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) Zulkifli, S.T., M.Kom., Dekan Fakultas Teknologi dan Informatika Agustinus Eko Setiawan, M.Kom., Dekan Fakultas Sosial dan Bisnis diamanahkan kepada Sunarmi, S.E., M.Ak., pelaku UMKM Kabupaten Pringsewu.

Acara dibuka dengan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Salman Alfarisi Salimu, S.Pd., M.Kom, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan sambutan oleh Perwakilan UMKM Nyoto Siswanto Utomo, Ketua Tim Inovasi Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) Zulkifli, S.T., M.Kom., Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Bambang Suharmanu, S.Sos.

Perwakilan UMKM Nyoto Siswanto Utomo dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu yang telah memberikan dukungan yang sangat luar biasa terhadap perkembangan dan keberlangsungan kegiatan UMKM yang ada di Kabupaten Pringsewu.

Nyoto Siswanto Utomo juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada civitas Universitas Aisyah Pringsewu (UAP), yang telah memberikan bukti nyata atas bentuk pengabdian kepada Masyarakat terutama dengan memfasilitasi UMKM di Kabupaten Pringsewu ini dengan membuat terobosan didunia digital marketing demi perkembangan UMKM di Kabupaten Pringsewu.

Apa yang dilakukan Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) dan Pemerintah Daerah melalui Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian membawa angin segar bagi kami untuk terus berkembang dan berinteraksi. Beliau juga berharap kepada rekan-rekan UMKM bisa menangkap peluang yang sangat luar bias aini untuk dijadikan momentum mengembangkan pemasaran produk-produk kita menjadi lebih terkenal.

Ketua Tim Inovasi Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) Zulkifli, S.T., M.Kom dalam sambutannya mengatakan, bahwa Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) akan selalu berkomitmen untuk melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya kegiatan yang kita lakukan ini.

Sudah saatnya para pelaku usaha terjun ke dunia digital. Sebab hal tersebut bisa mempermudah para pelaku UMKM Kabupaten Pringsewu dalam mengelola dan mengatur semua transaksi penjualan secara sistematis. Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) akan selalu melakukan pendampingan kepada UMKM Kabuapten Pringsewu.

Sementara Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Bambang Suharmanu, S.Sos saat meresmikan aplikasi tersebut mengucapkan terimakasih kepada Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) yang selalu berkontribusi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu, khususnya apa yang dilakukan pada hari ini kepada para pelaku UMKM.

Beliau mengingatkan kepada para pelaku UMKM untuk selalu berpedoman tentang perdagangan melalui system elektronik (PMSE). Ada prinsip-prinsip PMSE yaitu itikad baik, kehati-hatian, transparansi, keterpercayaan, akuntabilitas, keseimbangan, adil dan sehat.

Pelaku usaha wajib memberikan informasi yang benar jelas, jujur tentang identitas subyek (produk dll), memberikan informasi yang benar jelas, jujur terkait jaminan terhadap barang, memenuhi etika periklanan sesuai undang-undang yang berlaku.

Acara Launching Aplikasi ini juga mendemonstrasikan apa saja fitur-fitur yang ada dan bagaimana cara penggunaannya oleh Dekan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) Agustinus Eko Setiawan, S.Kom., M.Kom.

Beliau juga menegaskan kepada para pelaku UMKM, kami akan selalu melakukan pendampingan dan binbingan kepada pelaku UMKM yang belum memahaminya, tegasnya.

Selain acara Launching Aplikasi tersebut, Fakultas Teknologi dan Informatika, Fakultas Sosial dan Bisnis melakukan acara Penandatanganan MoU dan MoA dengan Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Pringsewu , serta UMKM. (*na).

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat