HARI PERTAMA UAP DAN DISDUKCAPIL PRINGSEWU KEMBALI LAKUKAN SOSIALISASI DAN BIMTEK GETUK SEWU

IMG-20210830-0012
Berita Kampus Event

HARI PERTAMA UAP DAN DISDUKCAPIL PRINGSEWU KEMBALI LAKUKAN SOSIALISASI DAN BIMTEK GETUK SEWU

PRINGSEWU (UAP) – Bekerjasama dengan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu (UAP), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu Kembali melakukan sosialisasi sekaligus bimbingan teknis Aplikasi Gerakan Tertib Urusan Kependudukan di Pringsewu (GETUK SEWU) ke 60 Pekon yang berada di 9 Kecamatan Kabupaten Pringsewu.

Sosialisasi dan bimbingan teknis Aplikasi “Gerakan Tertib Urusan Kependudukan di Pringsewu” (GETUK SEWU) ke 60 Pekon tersebut dilaksanakan selama tiga hari tanggal (30, 31 Agustus 2021, 1 September 2021) dengan dibagi beberapa sesi dan jam berbeda.

Untuk hari pertama sosialisasi dan bimbingan teknis Aplikasi “Gerakan Tertib Urusan Kependudukan di Pringsewu” (GETUK SEWU), Senin (30/8) bertempat di Ruang Rapat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu diikuti 3 Kecamatan yaitu Banyumas, Ambarawa, dan Pardasuka.

Untuk sesi pertama berlangsung jam 09.00 WIB, diikuti Kecamatan Banyumas yang terdiri dari Pekon Nusawungu, Mulyorejo, Srirahayu, Sukamulya dan Kecamatan Ambarawa yang terdiri dari Pekon Kresnomulyo, Jatiagung, Tanjunganom, Ambarawa Timur, Margodadi, Ambarawa Barat.

Untuk sesi kedua berlangsung jam 13.00 WIB, diikuti Kecamatan Pardasuka yang terdiri dari Pekon Sukorejo, Pujodadi, Sidodadi, Pardasuka, Tanjung Rusia Timur, Pardasuka Selatan, Tanjung Rusia, Rantau Tijang, Kedaung, Sukanegeri.

Sosialiasasi dan Bimbingan Teknis dibuka secara resmi oleh Kadis Dukcapil Pringsewu Nazri Syauti, S.H., didampingi Sekretaris Dukcapil Sudarsih, S.E., Kabid PIAK Suyatno.

Dalam sambutannya Kadis Dukcapil Pringsewu Nazri Syauti, S.H mengatakan, mengundang Kepala Pekon dan Operator untuk Memorandum Of Understanding dengan Disdukcapil dalam pendampingan Pekon/Desa Pintar dalam hal ini terkait dengan Aplikasi “Gerakan Tertib Urusan Kependudukan di Pringsewu” (GETUK SEWU).

Beliau berharap, Aplikasi “Gerakan Tertib Urusan Kependudukan di Pringsewu” (GETUK SEWU) menjadi penunjang Pekon/Desa Pintar pada setiap Pekon dari sisi pengelolaan Administrasi Kependudukan.

Pengembangan Aplikasi Gerakan Tertib Urusan Kependudukan di Pringsewu merupakan sebuah inovasi yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu berkolaborasi dengan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) sebagai bentuk kemudahan dan kecepatan dalam memberikan pelayanan kepada Masyarakat dalam hal kegiatan pelayanan adminduk berbasis pekon/desa secara langsung melalui operator pekon, GETUK SEWU melayani seluruh Administrasi Kependudukan, kecuali KTP dan KIA.

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (pendampingan) dipandu oleh Ketua Akselerasi Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) Zulkifli, S.T., M.Kom bersama Gugus Penjaminan Mutu FTI Fahlul Rizki, M.T.I., Unit Penjaminan Mutu Prodi Teknik Informatika Ferly Ardhy, M.T.I, dosen dan beberapa mahasiswa dari masing-masing Prodi yang ada di Universitas Aisyah Pringsewu (UAP).

Ketua Akselerasi Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) Zulkifli, S.T., M.Kom mengatakan, Alhamdulillah sosialisasi dan bimbingan Teknis (pendampingan) Aplikasi Gerakan Tertib Urusan Kependudukan di Pringsewu (GETUK SEWU) oleh dosen dan mahasiswa Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) untuk hari pertama berjalan dengan lancar.

Aplikasi Gerakan Tertib Urusan Kependudukan di Pringsewu (GETUK SEWU) Alhamdulillah sudah berjalan di 5 pekon sebelumnya, dan total pengajuan yang telah terselesaikan oleh Disdukcapil kurang lebih 300 pengajuan.

Mengingat cukup baik dan lancar pelayanan online Aplikasi Gerakan Tertib Urusan Kependudukan di Pringsewu (GETUK SEWU) melalui kepala Disdukcapil mendorong untuk diberikan pendampingan untuk 60 Pekon yang berada di 9 Kecamatan Kabupaten Pringsewu.

Zulkifli, S.T., M.Kom menegaskan, bahwa kegiatan ini merupakan Tri Dharma Perguruan Tinggi Dosen dan Mahasiswa Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) dalam bingkai kebermanfaatan ummat. (*na)

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat