GELAR WEJANGAN#3 (Webinar Jaman Now Seputar Gizi dan Pangan)

PRINGSEWU (UAP) – Setelah sukses menggelar WEJANGAN (Webinar Jaman Now Seputar Gizi dan Pangan) sesi 1 pada Sabtu, 18 Juli 2020, dan WEJANGAN (Webinar Jaman Now Seputar Gizi dan Pangan) sesi 2 pada Sabtu, 25 Juli 2020, Prodi Gizi, Fakultas Kesehatan Universitas Aisyah Pringsewu, Program Studi Gizi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta, Prodi Gizi FATEPAKES USAHID Jakarta, bekerjasama dengan Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia (PERGIZI PANGAN Indonesia) dan Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Indonesia (AIPGI) kembali menggelar acara serupa pada Sabtu, 1 Agustus 2020. Pada kesempatan WEJANGAN (Webinar Jaman Now Seputar Gizi dan Pangan) sesi 3 ini, mengangkat tema “Upaya Gizi dan Kesehatan untuk meningkatkan Imunitas ditengah Pandemi Covid 19”

Kegiatan webinar nasional sesi 1 menghadirkan pembicara Khoirul Anwar, SGz, MSi., (Ketua Program Studi Gizi, USAHID), Dr. Arif Sabta Aji (Dosen GIzi, Universitas Alma Ata) Mochammad Rizal, S.Gz. (Ahli Gizi, Penulis Buku dan Kontributor @ahligizi.id), Dr. Ir. Intje Picauly, MSi. (Gizi Kesehatan Masyarakat, FKM, Universitas Nusa Cendana) yang dimoderatori oleh Desti Ambar Wati, S.Gz., M.Gz., webinar nasional sesi 2 menghadirkan pembicara Amalina Ratih Puspa, SP, M.Si. (Prodi Gizi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Al Azhar Indonesia; Auditor Halal LPPOM MUI DKI Jakarta) topik Mengonsumsi Pangan Halal dan Thoyyib, seberapa pentingkah?, M. Nur Hasan Syah, S.Gz., M.Kes., (Ketua Ikatan Sarjana Gizi Indonesia/ISAGI, Dosen GIzi UPN Veteran Jakarta) topik Prospek nutritourism setelah pandemic., Mury Kuswari, S.Pd., M.Si., (Director Wellness Academy/Founder Gizi) topik Prospek nutripreneurship bidang gizi olahraga setelah pandemic., Dr. Ni Ketut Sutiari, SKM., M.Si., (Departemen Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Pencegahan, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana) topik Pola makan dan Status gizi kelompok produktif: prospektif di era new normal yang dimoderatori oleh Lusi Anindia, S.Gz., M.Si, Kali ini sebagai pembicara webinar nasional sesi 3 Dr. AlMukhlas Fikri (Doktor Bidang Ilmu Gizi) topik Pangan fungsional untuk meningkatkan imun saat pandemic, Wiwi Febriani, S.Gz, M.Si (Kaprodi Gizi, Universitas Aisyah Pringsewu Lampung) topik Pentingnya memantau status gizi balita selama pandemic, Siti Rahmawati, M.Psi., Psikolog (Dosen Prodi Psikologi, Universitas Al Azhar Indonesia) topik Tips menjaga kesehatan mental di tengah pandemic, Sanya Anda Lusiana, SP, M.Si., (Dosen Jurusan Gizi, Poltekkes Kemenkes Jayapura) topik Tips lansia sehat dan produktif diera pandemic, Teguh Jati Prasetyo, S.Gz, M.Si. (Prodi Gizi Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto) topik Memilih Pangan sehat dan aman sebagai upaya untuk menjaga imunitas.

Salah satu pembicara dalam kegiatan WEJANGAN (Webinar Jaman Now Seputar Gizi dan Pangan) sesi 3, Wiwi Febriani, S.Gz, M.Si (Kaprodi Gizi, Universitas Aisyah Pringsewu Lampung) mengatakan ada TIPS Memantau Status Gizi Anak Saat Pandemi diantaranya Memiliki Buku KIA di rumah, Pemenuhan asupan gizi seimbang sesuai usia anak, Stimulasi perkembangan anak sesuai dengan usia, Mengukur status gizi balita di rumah.

Beliau juga menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam persiapan makanan untuk balita yaitu Beli bahan makanan dengan kualitas yang baik/ segar, Pastikan tangan, dapur, peralatan yang digunakan dalam keadaan bersih, Pisahkan makanan yang mentah dan yang sudah dimasak, Masak makanan hingga matang, Gunakan air yang bersih dalam memasak makanan, Pastikan alat makan balita yang digunakan dalam keadaan bersih, Pastikan ibu/ pengasuh selalu mencuci tangan sebelum memberi makan pada anak, Pastikan cuci tangan anak sebelum makan.

Diakhir materinya beliau menyimpulkan bahwa Kondisi pandemic covid dapat berdampak pada status gizi balita, Status gizi balita perlu dijaga karena mereka adalah asset masa depan, Status gizi anak saat pandemi dapat diukur dirumah dengan adanya buku KIA dan “kemauan” ibu, Makanan yang seimbang dan aman penting untuk menunjang status gizi balita.

Kegiatan webinar nasional sesi 3 diikuti 1.200 peserta, diadakan melalui Zoom dan Live Streaming in Youtube Channel. (*na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *