GELAR WEJANGAN (Webinar Jaman Now Seputar Gizi dan Pangan)

PRINGSEWU (UAP) – Dalam era kenormalan baru, terdapat beberapa tren positif yang berkembang di masyarakat, diantaranya adalah terjadi peningkatan pembelian bahan pangan dan bumbu seiring meningkatnya tren memasak dan kuliner di rumah. Perubahan kebiasaan yang baik ini perlu didukung oleh edukasi terkait pemilihan dan pengolahan bahan pangan yang halal, aman dan sehat. Selain itu, edukasi terkait pemenuhan asupan zat gizi yang seimbang sesuai dengan kelompok usia tertentu dan kondisi fisiologis tertentu juga perlu menjadi perhatian, seperti pada kelompok rentan yaitu anak, ibu hamil, dan lansia.

Tren positif yang juga berkembang di masyarakat adalah timbulnya kreativitas usaha. Pemberlakuan Work From Home (WFH) dan School From Home (SFH) bagi sebagian masyarakat mampu memunculkan ide-ide usaha terkait kampanye hidup sehat, aktif, dan bugar. Sebagai contoh nutriprenuership di bidang gizi olahraga dan ketrampilan dalam mencoba resep makanan baru yang enak dan sehat.

Selain harus menjaga kesehatan fisik, kesehatan mentalpun tak boleh luput dari perhatian, Pandemi yang terjadi saat ini membuat banyak orang merasa bingung, cemas, stres, dan frustasi. Sejumlah masyarakat khawatir sakit atau tertular Covid-19 dan di sisi lain juga merasa khawatir terkait pemenuhan kebutuhan pangan rumah tangga, keuangan rumah tangga, pekerjaan, dan masa depan. Jika kondisi kesehatan mental yang buruk tidak ditangani dengan baik hal ini dapat berpengaruh kepada system imunitas kita yang melemah.

Sabtu (18/7), Prodi Gizi, Fakultas Kesehatan Universitas Aisyah Pringsewu, Program Studi Gizi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta, Prodi Gizi FATEPAKES USAHID Jakarta, bekerjasama dengan Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia (PERGIZI PANGAN Indonesia) dan Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Indonesia (AIPGI) mengadakan WEJANGAN (Webinar Jaman Now Seputar Gizi dan Pangan) sesi 1. Insya’Allah untuk sesi 2 akan dilaksanakan tanggal 25 Juli 2020, dan sesi 3 tanggal 1 Agustus 2020.

Kegiatan Webinar nasional sesi 1 tersebut sebagai narasumber Khoirul Anwar, SGz, MSi., (Ketua Program Studi Gizi, USAHID), Dr. Arif Sabta Aji (Dosen GIzi, Universitas Alma Ata) Mochammad Rizal, S.Gz. (Ahli Gizi, Penulis Buku dan Kontributor @ahligizi.id), Dr. Ir. Intje Picauly, MSi. (Gizi Kesehatan Masyarakat, FKM, Universitas Nusa Cendana) yang dimoderatori oleh Desti Ambar Wati, S.Gz., M.Gz. Kegiatan tersebut diikuti 1.200 peserta, diadakan melalui Zoom dan Live Streaming in Youtube Channel.

Kegiatan WEJANGAN (Webinar Jaman Now Seputar Gizi dan Pangan) yang digelar tersebut bertujuan mensosialisasikan berbagai protokol kesehatan selama masa new normal untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan mencapai kesehatan optimal pada saat new normal, mensosialisasikan pentingnya pemilihan pangan yang halal, aman dan bergizi, mensosialisasikan pemenuhan gizi di kelompok usia dan kondisi fisiologi tertentu untuk mencapai kesehatan optimal, mensosialisasikan pentingnya aktivitas fisik dan berbagai tips gizi selama masa new normal agar tetap sehat, aktif dan produktif, mensosialisasikan peluang wirausaha dibidang gizi (nutriprenuership), mensosialisasikan pentingnya menjaga kesehatan mental dimasa pandemic dan new normal untuk meningkatkan imunitas tubuh. (*na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *