FTI GELAR WORKSHOP TEKNOLOGI INFORMASI

PRINGSEWU (UAP) – Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin cepat. Di setiap tempat orang menggunakan teknologi sebagai acuan untuk meningkatkan mutu atau kualitas maupun kuantitas hasil kerja di suatu instansi seperti di dunia pendidikan.

Perkembangan zaman makin menuntut pemanfaatan media pembelajaran berbasis online, apalagi di saat pandemi. Karena itu, Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu mengadakan workshop teknologi informasi “Pelatihan Aplikasi Edmodo Untuk Pembelajaran E-Learning”.

Kegiatan ini digelar pada hari Sabtu (5/9), selaku narasumber dosen Teknik Informatika Fakultas Teknologi dan Informatika, Agustinus Eko S, M.Kom dan Tahta Herdian A, M.T.I. Tercatat 50 dosen lebih yang mengkuti workshop tersebut, dipandu oleh Kaprodi Teknik Informatika Nur Aminudin, M.T.I.

Workshop Teknologi Informasi tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh rektor Universitas Aisyah Pringsewu Hardono, S.Kep., Ners., M.Kep., dan juga di hadiri oleh Plt. Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Dekan, Kaprodi, Kepala BAAK beserta Dosen-Dosen lainya peserta workshop yang hadir di acara workshop teknologi informasi “Pelatihan Aplikasi Edmodo Untuk Pembelajaran E-Learning” ini.

Dalam Sambutannya, Hardono, S.Kep., Ners., M.Kep menyambut dan mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknologi dan Informatika.

Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Fakultas Teknologi dan Informatika yang menyelenggarakan workshop yang sangat dibutuhkan dosen maupun mahasiswa.

Beliau menegaskan, bahwa aplikasi pembelajaran daring saat ini menjadi solusi efektif untuk memudahkan kegiatan belajar mengajar secara online bagi para dosen dan mahasiswa.
Kehadiran platform belajar daring yang semakin mudah ditemukan tentu saja membantu dosen dan mahasiswa tetap aman belajar di rumah, tanpa dibatasi tempat dan waktu, tegasnya.

Sementara Dekan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu, Zulkifli, S.T., M.Kom., mengatakan, kegiatan digelar mengingat pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang signifikan kepada dunia pendidikan.

Zulkifli menegaskan, bahwa pada semester genap tahun akademik 2019/2020 tepatnya tanggal 18 Maret 2020, kegiatan pembelajaran secara tatap muka dilakukan dengan metode daring, Alhamdulillah pembelajaran dengan metode daring Universitas Aisyah Pringsewu sudah dilaksanakan masing-masing dosen, hal ini dilakukan untuk menjawab dari surat edaran yang sudah kami keluarkan.

Melalui platform aplikasi Edmodo, dapat membantu dosen dalam membangun sebuah kelas virtual sesuai dengan kondisi pembelajaran di dalam kelas, berdasarkan pembagian kelas nyata di kampus.

“Edmodo menyediakan cara belajar yang aman dan mudah untuk saling berkolaborasi, fiturnya sangat lengkap seperti: quiz, diskusi, agenda pembelajaran, tugasterstuktur, pemeriksaan tugas, dan pemberian/nilai pada setiap akhir pembelajaran,” tambahnya.

Edmodo menggabungkan sebagian fitur dari Learning Management System (LMS) dan sebagian fitur dari Jejaring Sosial (Social Network), menjadi sebuah media pembelajaran yang menarik dan mudah digunakan, kemudian lebih dikenal dengan Jejaring Sosial Pembelajaran (Social Learning Networks). manfaatnya Edmodo bisa menjadi wahana komunikasi dan diskusi yang sangat efiesien untuk para dosen, mahasiswa dan orang tua mahasiswa, juga sarana yang tepat untuk memberikan bahan ajar atau memberikan ujian maupun quiz, dan masih banyak manfaat lainnya. (*na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *