DITENGAH COVID-19, UAP LAKUKAN UJIAN DARING

PRINGSEWU (UAP) – UTS dan UAS merupakan salah satu kegiatan evaluasi hasil belajar mahasiswa. Evaluasi ini adalah pemberian penilaian terhadap kemampuan mahasiswa dalam menerima, memahami, dan menguasai bahan studi yang disajikan sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan, dan menilai perubahan sikap dan keterampilannya.

Rektor Universitas Aisyah Pringsewu Hardono, S.Kep., Ners., M.Kep., mengatakan, Ujian Tengah Semester (UTS) mahasiswa Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) tetap dilakukan meski dalam isu merebaknya wabah COVID-19. Ujian Tengah Semester (UTS) mahasiswa Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) dilakukan dalam jaringan (daring). Sebelumnya, Rektor Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) Hardono, S.Kep., Ners., M.Kep dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid 19 di institusi yang dipimpinnya, telah menerbitkan surat edaran terkait Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19), dan Pencegahan dan Kewaspadaan Umum Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di lingkungan Universitas Aisyah Pringsewu.

Semua program studi (prodi) baik itu di fakultas Kesehatan, fakultas teknologi dan informatika, fakultas sosial dan bisnis, telah menyelenggarakan ujian tengah semester (UTS) mahasiswa Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) dilakukan dalam jaringan (daring) dengan menggunakan https://siakad.aisyahuniversity.ac.id/.

Rektor Universitas Aisyah Pringsewu Hardono, S.Kep., Ners., M.Kep., mengatakan, bahwa pelaksanaan ujian tengah semester (UTS) mahasiswa Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) dalam jaringan (daring) pernah dilakukan disemester ganjil tahun akademik 2019/2020.

Beliau menegaskan, bahwa ujian tengah semester (UTS) mahasiswa Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) dilakukan dalam jaringan (daring) sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa Universitas Aisyah Pringsewu (UAP), tegasnya.

Sementara Zulkifli, S.T., M.Kom., selaku Dekan Fakultas Teknologi dan Informatika sekaligus ketua ICT & UBT Universitas Aisyah Pringsewu, mengatakan, kami berupaya menghadirkan sistem Computer Based Test (CBT) dalam pelaksanaan UTS atau UAS. Hal tersebut sebagai upaya mengoptimalkan teknologi, terutama di bidang pendidikan. Selain itu, semakin banyak yang memakai Computer Based Test (CBT) maka akan semakin banyak pengembangan sistem serupa sehingga akan meningkatkan pula performa serta fitur yang ada dalam sistem Computer Based Test (CBT) Universitas Aisyah Pringsewu. CBT dapat memperkecil kecurangan-kecurangan dalam proses tes hasil belajar, karena pengaplikasiannya dapat di setting melalui vitur-vitur yang tersedia pada CBT. terdapat vitur yang memungkinkan setiap soal dibatasi waktu. Waktu yang dialokasikan untuk pengerjaan satu soal dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Jika mahasiswa tidak menginputkan jawaban selama waktu yang disediakan untuk menjawab, maka secara otomatis, soal akan beralih ke soal berikutnya. Dengan hal ini, mahasiswa tidak akan memiliki kesempatan untuk melakukan kecurangan.

Beliau juga menegaskan Kembali apa yang disampaikan Rektor Universitas Aisyah Pringsewu Hardono, S.Kep., Ners., M.Kep., bahwa pelaksanaan ujian tengah semester (UTS) mahasiswa Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) dalam jaringan (daring) pernah dilakukan disemester ganjil tahun akademik 2019/2020, jadi mahasiswa Universitas Aisyah Pringsewu sudah tidak asing lagi, tegasnya.

Zulkifli, S.T., M.Kom., menambahkan, kalau kita lihat beberapa pola trend data yang terbentuk dari trend data ujian tengah semester dalam jaringan (daring) / online mahasiswa Universitas Aisyah Pringsewu, adalah sebuah laporan yang berisi ringkasan trafik user, dengan melihat ringkasan trafik user tersebut mahasiswa antusias mengikuti ujian tengah semester dalam jaringan (daring) / online, tambahnya. (*na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *