DIPLOMA III KEBIDANAN UAP GELAR PERSAMAAN PERSEPSI PKK II

IMG-20201222-0012
Berita Kampus Event

DIPLOMA III KEBIDANAN UAP GELAR PERSAMAAN PERSEPSI PKK II

PRINGSEWU (UAP) – Pembangunan kesehatan pada hakekatnya diarahkan guna tercapainya kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang, menyangkut fisik, mental, maupun sosial budaya dan ekonomi. Untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal dilakukan berbagai upaya pelayanan kesehatan yang menyeluruh, terarah dan berkesinambungan.

Bidan merupakan salah satu tenaga kesehatan yang memiliki posisi penting dan strategis terutama dalam penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan angka kesakitan dan kematian Bayi (AKB). Bidan memberikan pelayanan kebidanan yang berkesinambungan dan paripurna, berfokus pada aspek pencegahan, promosi dengan berlandaskan kemitraan dan pemberdayaan masyarakat bersama-sama dengan tenaga kesehatan lainnya untuk senantiasa siap melayani siapa saja yang membutuhkannya, kapan dan dimanapun dia berada. Untuk menjamin kualitas tersebut diperlukan suatu pengalaman di lahan kerja untuk melakukan segala tindakan dan asuhan yang diberikan dalam seluruh aspek pengabdian profesinya kepada individu, keluarga dan masyarakat, baik dari aspek input, proses dan output.

Program studi Diploma III Kebidanan Fakultas Kesehatan Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) memiliki program pembelajaran yang terdiri atas kegiatan pembelajaran, seminar, praktik laboratorium dan praktik klinik kebidanan. Kegiatan pembelajaran dirancang untuk mencapai kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan D III Kebidanan. Untuk mencapai kompetensi tersebut, mahasiswa DIII Kebidanan Fakultas Kesehatan Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) diterjunkan ke lahan praktik untuk mengaplikasikan kegiatan pembelajaran yang diterima di kelas dan laboratorium.

Praktik Klinik Kebidanan II Program studi Diploma III Kebidanan Fakultas Kesehatan Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) ini merupakan program pembelajaran di lahan praktik untuk menerapkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan asuhan kebidanan komprehensif dengan pokok kegiatan mengaplikasikan dan mendokumentasikan asuhan kehamilan, persalinan, bayi baru lahir, nifas, bayi balita dan pra sekolah secara normal dan kegawat daruratan yang akan dilaksanakan pada tanggal 4 s/d 30 Januari 2021 di Puskesmas Wilayah Kerja Kabupaten Pringsewu yaitu Puskesmas Gadingrejo, Wates, Pringsewu, Ambarawa, Sukoharjo dan Bumi Ratu.

Terkait hal tersebut, pada hari Selasa (22/12) bertempat di Kampus Universitas Aisyah Pringsewu yang beralamat di Jalan A. Yani, No 1A, Tambahrejo, Kec. Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, Program studi Diploma III Kebidanan Fakultas Kesehatan Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) melakukan persamaan persepsi terkait Praktik Klinik Kebidanan II yang dihadiri Kaprodi DIII Kebidanan Desi Kumalasari, SST., M.Kes, didampingi Dosen Diploma III Kebidanan, perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu Erwaty Komariyah, SKM, M.Kes.

Persamaan persepsi yang digelar ini bertujuan untuk menyamakan persepsi pelaksanaan praktik antara pembimbing / instruktur klinik / pemilik lahan praktik dengan pembimbing institusi. (*na)

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat