DIPLOMA III KEBIDANAN UAP GELAR PERSAMAAN PERSEPSI PKK I

PKK
Berita Kampus Event

DIPLOMA III KEBIDANAN UAP GELAR PERSAMAAN PERSEPSI PKK I

PRINGSEWU (UAP) – Angka kematian ibu, bayi, dan balita di Indonesia dapat diturunkan melalui suatu pendekatan dan perluasan jangkauan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yaitu dengan adanya upaya penempatan tenaga pelaksana pelayanan dalam hal ini bidan di desa dapat memberikan pelayanan yang bersifat promotif dan preventif pada kelompok sasaran yang dituju tanpa mengabaikan pelayanan kuratif dan rehabilitatif sesuai wewenang yang ada.

Untuk itu, sesuai dengan kurikulum pendidikan Diploma III maka mahasiswa tingkat II semester IV akan melakukan kegiatan praktik klinik sebagai bentuk pelaksanaan Mata Kuliah dalam semester IV yakni Praktik Klinik Kebidanan I dengan kode MK Bd 5.3A4017 sebanyak 6 SKS dan untuk dapat memperoleh gambaran nyata tentang pelayanan kebidanan di masyarakat sesuai dengan kompetensi yang diharapkan maka mata kuliah ini dilakukan salah satunya adalah di Praktik Mandiri Bidan (PMB).

Hal ini penting dilakukan untuk memberikan asuhan kebidanan secara komprehensif, observasi dan partisipasi yang berfokus pada masa kehamilan, persalinan, nifas, menyusui, bayi baru lahir, balita dan prasekolah serta melakukan pendokumentasian asuhan kebidanan dalam bentuk SOAP.

Pada praktik klinik kebidanan I Program studi Diploma III Kebidanan Fakultas Kesehatan Universitas Aisyah Pringsewu (UAP), mahasiswa menggunakan dan melaksanakan bed side teaching (pembimbingan secara langsung pada pasien), melaksanakan tatap muka di awal dan akhir pada setiap pasien yang datang ke PMB untuk mendapat asuhan kebidanan, Mahasiswa juga melakukan diskusi refleksi kasus.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 14 PMB Wilayah Bandar Lampung dan 11 PMB Wilayah Kabupaten Pringsewu pada tanggal 3 s/d 30 Juni 2021.

Terkait hal tersebut diatas, pada hari Rabu (2/6) Program studi Diploma III Kebidanan Fakultas Kesehatan Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) melakukan persamaan persepsi terkait Praktik Klinik Kebidanan I didua tempat yaitu bertempat di Kampus Universitas Aisyah Pringsewu yang beralamat di Jalan A. Yani, No 1A, Tambahrejo, Kec. Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, yang dihadiri Kaprodi DIII Kebidanan Desi Kumalasari, SST., M.Kes, didampingi Dosen Diploma III Kebidanan, perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu Selamet Kuntoro, S.Kep.

Sementara di Kantor Dinas Kesehatan Bandar Lampung untuk persamaan persepsi Program studi Diploma III Kebidanan Fakultas Kesehatan Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) dihadiri Psiari Kusuma Wardani, M.,Kes Bersama dosen Diploma III Kebidanan, perwakilan Dinas Kesehatan Bandar Lampung Desti Mega Putri, SP, MT.

Persamaan persepsi yang digelar ini bertujuan untuk menyamakan persepsi pelaksanaan praktik antara pembimbing / instruktur klinik / pemilik lahan praktik dengan pembimbing institusi. (*na)

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat