DIGITAL LIBRARY UAP

LIB_1
Berita Kampus

DIGITAL LIBRARY UAP

PRINGSEWU – (UAP), Selasa (16/7) Bimbingan teknis tentang pengenalan pengelolaan perpustakaan digital atau elibrary (http://library.aisyahuniversity.ac.id/) ini diselenggarakan oleh ICT & UBT Universitas Aisyah Pringsewu. Bimtek tersebut langsung disampaikan dekan Fakultas Teknologi dan Informasi Zulkifli di ruang rapat Universitas Aisyah Pringsewu.

Zulkifli mengatakan, digital library pada saat ini menjadi penting bagi seluruh perpustakaan kampus untuk memilikinya, karena di era digital ini, tantangan perpustakaan konvensional semakin banyak. Perpustakaan kini tak lagi hanya bangga dengan banyaknya tumpukan koleksi di raknya. Karena perilaku pencarian informasi pemakai yang dilayani juga mengalami perubahan seiring dengan kemajuan teknologi informasi. Agar perpustakaan tetap eksis sesuai dengan kemajuan teknologi, maka harus mampu mengembangkan diri. Salah satunya kampus kita Universitas Aisyah Pringsewu membangun perpustakaan digital atau elibrary (http://library.aisyahuniversity.ac.id/), Insya’Allah semakin profesional, ucapnya.

Beliau menambahkan, perpustakaan yang berada di Universitas Aisyah Pringsewu sebagai pemberi layanan kepada mahasiswa atau pengunjung yang memerlukan metode-metode pelayanan yang bersifat cepat, mudah dan efisien. Layanan perpustakaan yang masih bersifat manual menimbulkan berbagai kendala dalam pemberian layanan seperti layanan bersifat lambat, sulitnya pencarian koleksi dan kurang akuratnya data yang diarsip.

Dengan dibangunnya perpustakaan digital (http://library.aisyahuniversity.ac.id/) untuk menunjang kelancaran tugas-tugas dibidang perpustakaan, dalam hal ini tentunya memudahkan petugas dalam pelayanan serta pengelolaan perpustakaan kampus Universitas Aisyah Pringsewu. Petugas perpustakaan dapat selalu memonitor tentang ketersediaan buku, daftar buku baru, peminjaman buku dan pengembalian buku dll.

Zulkifli menegaskan, digital library sangat penting untuk diterapkan di kampus Universitas Aisyah Pringsewu mengingat segala hal sudah dapat diatasi secara komputerisasi.

Dengan adanya bimtek tersebut, diharapkan pengelolaan perpustakaan tidak menggunakan sistem manual, karena Universitas Aisyah Pringsewu sudah membangun perpustakaan digital (http://library.aisyahuniversity.ac.id/). (*na)

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat