DEKAN FTI KUNJUNGI DINAS KESEHATAN

PRINGSEWU (UAP) – Manfaat teknologi informasi bisa dirasakan dalam berbagai bidang. Dalam bidang telekomunikasi, dunia bisnis, dunia perbankan, dalam dunia pendidikan, hingga kesehatan. Kemajuan dan inovasi yang terjadi secara terus menerus ini tentunya memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.

Jum’at (7/8), Zulkifli, S.T., M.Kom., Dekan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu didampingi Nur Aminudin, M.T.I Kaprodi Teknik Informatika, Hafsah Mukaromah, S.Kom mengunjungi Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu, diterima Sekretaris Dinas Kesehatan (Imanda Amin Abri, SKM., M.M), Tati Zarsini, S.E., M.M selaku Bidang Sumber Daya Kesehatan.

Kunjungan Zulkifli, S.T., M.Kom., Dekan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu tersebut dalam rangka mengimplementasikan tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Dihadapan Sekretaris Dinas Kesehatan Pringsewu, dan beberapa pegawai dinas kesehatan Kabupaten Pringsewu, Zulkifli, S.T., M.Kom menjelaskan terkait pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Beliau menegaskan, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sudah harus diterapkan di seluruh pelayanan kesehatan. Penggunaan teknologi informasi dalam pelayanan kesehatan memberikan kontribusi pada efektifitas pelayanan kesehatan.

Bagi Instansi pelayanan kesehatan, walaupun tidak mudah untuk bisa menerapkan teknologi dalam pelayanan kesehatan, namun tetap harus dicoba karena tuntutan jaman dan melihat berbagai manfaat yang bisa diambil. Perkembangan TIK yang melanda dunia telah berpengaruh besar bagi perubahan pada semua bidang termasuk bidang kesehatan.

Kita ketahui, bahwa SIKDA GENERIK adalah aplikasi sistem informasi kesehatan daerah yang berlaku secara nasional yang menghubungkan secara online dan terintegrasi seluruh puskesmas, rumah sakit, dan sarana kesehatan lainnya, baik itu milik pemerintah maupun swasta, dinas kesehatan kabupaten/kota, dinas kesehatan provinsi, dan Kementerian Kesehatan.

Aplikasi SIKDA Generik dikembangkan dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan serta meningkatkan ketersediaan dan kualitas data dan informasi manajemen kesehatan melalui pemanfaatan teknologi informasi komunikasi.

Aplikasi “SIKDA Generik” dirancang dan dibuat untuk memudahkan petugas puskesmas saat melakukan pelaporan ke berbagai program di lingkungan Kementerian Kesehatan.Dengan demikian diharapkan aliran data dari level paling bawah sampai ke tingkat pusat dapat berjalan lancar, terstandar, tepat waktu, dan akurat sesuai dengan yang diharapkan.Diharapkan aplikasi tersebut dapat berguna secara efektif sebagai alat komunikasi pengelola data/informasi di daerah, dapat saling tukar menukar data dan informasi, serta membantu pengelola data/informasi agar selalu siap memberikan data atau gambaran kondisi kesehatan secara utuh dan berdasarkan bukti.

Aplikasi “SIKDA Generik” merupakan penerapan standarisasi Sistem Informasi Kesehatan, sehingga diharapkan dapat tersedia data dan informasi kesehatan yang cepat, tepat dan akurat dengan mendayagunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengambilan keputusan/kebijakan dalam bidang kesehatan. (*na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *